LUWU UTARA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Luwu Utara memberikan kabar baik buat masyarakat. Kini, Luwu Utara masuk zona kuning penyebaran COVID-19 yang berarti tingkat penyebaran rendah. Kabar gembira ini disampaikan Jubir Satgas COVID-19, Komang Krisana, Kamis (16/9/2021), di Masamba.

Baca juga : Luwu Utara Terbaik di South Sulawesi Investment Challenge 2021

“Luwu Utara sudah zona kuning,” ungkap Komang.

Meski zona kuning, Komang berharap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Jangan lengah dengan penurunan kasus, tetap prokes yang ketat,” tegas dia.

Ia menyebutkan satgas tetap memperkuat vaksinasi dan memasifkan testing dan tracing.

“Testing dan tracing tidak boleh kendor, karena ini merupakan upaya mengendalikan COVID-19 sehingga orang yang sehat dan sakit bisa dipisahkan dan tidak kontak dengan komunitas lain,” terang dia.

Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan ini mengatakan penting karena testing dan tracing adalah salah satu upaya untuk menurunkan kasus.

“Di masa pandemi, testing dan tracing adalah upaya pengendalian COVID-19 yang dilakukan di hilir, sehingga terjadi penurunan kasus sampai Luwu Utara masuk zona hijau,” pungkasnya.

Saat ini tak ada lagi kecamatan zona merah. Dari 15 kecamatan, 3 kecamatan zona oranye, 9 zona kuning, dan tiga zona hijau. Sampai 15 September 2021, tersisa 72 orang yang dirawat/isolasi, dari total kasus 3.323, sembuh 3.139 orang, dan meninggal 112 orang.