Makassar – Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar calon aparatur sipil negara (CASN) Tahun 2021 dipantau langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Celebes Convention Center (Triple C), Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: DPR: Seleksi PPPK Guru Honorer Tak Cerminkan Langkah Afirmatif

Pelaksanaan Seleksi di gedung Triple C ini dilakukan bagi CASN lingkup Pemprov Sulsel serta 10 kabupaten-kota lainnya. sedangkan 14 kabupaten/kota lainnya melaksanakan secara mandiri.

Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, dalam pantauannya pada sesi pertama di seleksi hari ke-3 (471 mengikuti seleksi) tersebut memberikan motivasi kepada para peserra sebelum pelaksanaan ujian. Terdapat sebanyak 349 formasi untuk CPNS, non-guru 63 formasi dan PPPK Guru 8.371 tahun 2021 ini.

“Saya tentu mengucapkan selamat akan melaksanakan ujian, tentu perasaanya di hari ini deg-degan. Mudah-mudahan saya datang tidak hilang semua yang dipelajari, karena ternyata itu ada psikologis dalam diri kalau kita yakin dan bisa akan keluar semua (kemampuan mengerjakan soal dengan baik),” kata Andi Sudirman.

Lanjut Andi Sudirman, bahwa dirinya meminta kepada seluruh peserta untuk berdoa sebelum mengerjakan soal serta diluluskan jika memang mengabdi kepada negara sebagai ASN adalah jalan hidup terbaik mereka.

“Ya Allah, jika ini yang terbaik buat saya luluskan, jika tidak maka tunjukkan yang jauh lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Andi Sudirman, para peserta mestinya mencari pekerjaan dengan mempertimbangkan dapat bekerja baik serta kenyamanan kerja agar dapat menghidupi keluarga dan bisa beribadah lebih baik sembari menjadi ladang amal.

“Paling penting untuk menjaga kepercayaan diri, dijawab dulu yang paling diyakini benar. Kemudian baca baik-baik perhatikan bahasa dan kalimatnya, jangan terkecoh dengan soal. Manfaatkan waktu dengan baik, yang sudah selesai jangan menganggu yang lain. Tetap konsentrasi dan fokus. Mudah-mudahan sukses selalu salamaki tapada salama, jaga ki kesehatan dan jaga stabilitas dalam menjawab soal,” imbuhnya.