MAKASSAR – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dikukuhkan menjadi salah satu Anggota Dewan Pembina Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Periode 2021-2024. Pengukuhan dilakukan Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, yang juga Ketua Dewan Pembina, Kamis (16/9/2021), di Phinisi Ball Room Claro Hotel Makassar.

 

Selain Bupati Kabupaten Luwu Utara, jajaran Dewan Pembina AAIPI 2021 – 2024 juga diisi Kajati Sulsel, Kapolda Sulsel, Wali Kota Makassar, Rektor Unhas, dan Ketua Umum IAI Sulsel. Plt. Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengukuhkan Pengurus AAIPI di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021

 

Bupati Lutra yang hadir didampingi Inspektur Muchtar Jaya, juga menandatangani Piagam dukungan kepada Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan AAIPI dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan. Indah mengatakan, AAIPI adalah wadah sinergi para Auditor Intern Pemerintah Indonesia sebagai agen perubahan menuju tata kelola pemerintahan yang baik.

 

“Kita sangat mendukung gerakan yang dilakukan, ”kata Indah. Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan, khususnya tata kelola keuangan, menuntut adanya akuntabilitas dan transparansi sesuai ketentuan perundang-undangan. “Inspektorat, APH dan pengawas lainnya harus bersinergi menjalankan fungsi pengawasan guna mencegah perilaku korupsi pada penyelenggaraan pemerintahan di daerah, kecamatan, dan desa/kelurahan,” jelas dia.

 

Sebelumnya, Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen dalam mengawal tata kelola pemerintahan yang lebih baik. “APBD kita saat ini sedang susah-susahnya. Kita harus bekerja sama bagaimana merencanakan dengan baik, kemudian bagaimana efektif dan efisien dalam penganggaran, terlebih kepada sektor-sektor padat karya untuk masyarakat,” ucap Sudirman dalam arahannnya.

 

Ia juga berharap dilakukan sertifikasi bagi Inspektur Daerah guna meningkatkan level kapabilitas dalam pengawasan. “Kepada Ketua Umum yang baru dilantik untuk membantu kami bagaimana proyek yang bermasalah dilakukan pendampingan yang kuat,” imbuhnya. Sekadar diketahui, AAIPI adalah organisasi profesi yang beranggotakan perorangan dan unit kerja APIP yang memenuhi persyaratan keanggotaan.