Timika – Sebuah bus yang mengangkut para karyawan PT Freeport dari Timika, Mimika, Papua, menuju Tembagapura mengalami penembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK).

Baca Juga: Pasca Dikritik Jokowi, Polisi Gelar Lomba Mural Berhadiah Piala Kapolri

Berdasarkan keterangan oleh sopir bus, Peristiwa dugaan penembakan tersebut terjadi pada Jumat (9/17/2021) pukul 17.22 WIT, setelah Ia mendengar suara mirip tembakan. Setelah itu, pada pukul 17.27 WIT, ada informasi kendaraan pengawalan konvoi pada bagian depan mengalami penembakan.

Beruntungnya dalam peristiwa dugaan penembakan tersebut tidak ada korban jiwa, namun ada bekas yang diduga merupakan bekas tembakan di bagian belakang kendaraan dengan nomor lambung 01-4902R. Pada pintu belakang kendaraan ditemukan satu lubang yang diduga bekas peluru.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, mengungkapkan bahwa saati ini pihaknya masih menyelidiki laporan penembakan tersebut dan terkait bekas goresan pada bodi mobil 01-4902R diduga goresan bekas batu, bukan tembakan.

“Saya pastikan itu bukan bekas tembakan. Saya yakin itu bekas yang diduga batu, namun masih dalam penyelidikan,” kata AKBP Era, Sabtu (18/9/2021).

Lanjut Era, mengatakan bahwa jika dilihat dari waktu kejadian, pihaknya meyakini bahwa itu bukanlah tembakan.

“Dari waktu kejadian, ini bukan penembakan. Kalau penembakan, biasa dilakukan tidak pada malam hari,” ujarnya.

Hingga saat ini, Kepolisian setempat masih sedang memeriksa beberapa saksi terkait peristiwa tersebut.