Makassar – Himpunan Mahasisea Jurusan (HMJ) Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar GEOMETRI mengadakan ajang kompetisi peningkatan Matematika yang bernama (Genus On Matematics In Real Aplication) 2021.

Baca Juga: Naoemi Octarina Ajak Pengurus HIMPAUDI Sulsel Wujudkan PAUD Holistik Integratif

Kegiatan ini merupakan lomba tahunan yang berlatar belakang evaluasi pendidikan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan minat murid dalam pelajaran matematika dengan tema “Optimalisasi Daya Saing untuk Mewujudkan Generasi Unggul di Era Teknologi dalam Semangat Ber-Matematika.”

Wakil dari SMP Islam Athirah 1 Makassar, Abdul Ghany Afandy dan Andi Alifah Putri Ibrahim, berhasil menyabet piala bergilir sebagai juara umum pada event tersebut yang digelar pada hari Jumat-Minggu tanggal 17-19 September 2021 di Universitas Negeri Makassar.

Lomba cepat tepat Matematika (LCTM) grup pada babak semifinal yang menyisahkan 10 besar dan akhirnya berhasil lolos masuk final dan melawan 2 tim dari sekolah yang sama yakni SMP Kalam Kudus yang dilaksanakan secara luring. Selain itu di LCTM individu , Dede panggilan akrab Abdul Ghany Afandy berhasil mempersembahkan juara 1.

Menurut Dede, secara pribadi lomba Geometri itu adalah lomba yang dilaksanakan di Universitas paling familiar yang pernah dia ikuti, karena selalu ikut setiap tahun sejak kelas 3 SD.

Ia juga menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi dalam lomba ini hampir tidak ada, karena soal-soalnya bagus, mudah dimengerti, dan tidak ada soal yang salah. Adapun Persaingan pada saat final lumayan ketat di babak 1 dan 2, tetapi pada saat babak cepat tepat mereka bisa mengumpulkan banyak poin.

“Perbedaan lomba antara yang individu dan grup pada LCTM ini adalah perbandingannya lebih susah pada lomba kategori grup. Karena dua sekolah lain yang lolos di final dan menjadi lawan kami dari sekolah yang sama yakni SMP 2 Kalam Kudus dengan dua tim,” kata Dede.