AFGHANISTAN – Lima negara anggota tetap dewan keamanan PBB menginginkan afghanistan yang damai dan stabil tanpa diskriminasi, (23/09).

Baca Juga : Jusuf Kalla akan Kukuhkan Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan kekuatan lima negara bertemu dan membicarakan keinginannya melihat distribusi kemanusiaan tanpa masalah dan diskriminasi pada warga afghanistan.

Mereka membicarakan Afghanistan di mana hak-hak perempuan dan anak perempuan dihormati, Afghanistan yang bukan tempat perlindungan bagi terorisme, Afghanistan dengan pemerintah inklusif yang mewakili semua bagian dari populasi,” kata Guterres dikutip dari gandhara.rferl.org, Kamis (23/09/2021).

Kelima negara, yakni para menteri luar negeri Inggris, China, Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat. Mereka bertemu di sela-sela sidang umum PBB di New York dan mengupayakan persatuan kepada taliban.

China dan Rusia telah menggambarkan kemenangan Taliban sebagai kekalahan bagi Amerika Serikat dan tengah bergerak untuk bekerja dengan gerilyawan Islam, tetapi mereka menunda mengakui pemerintahannya.