MAKASSAR – 47 Maba (Mahasiswa Baru) ITB Kalla (Institut Teknologi dan Bisnis) mengikuti pendidikan bela negara yang digelar khusus untuk angkatan ketiga. Berlangsung selama 6 hari di Pangkalan Militer Detasemen Markas (Denma) Brigif Para Raider 3/Tri Budi Sakti,Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Kariango, Kabupaten Maros, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga : Rektor ITB Kalla Sambut 59 Maba 2021

Pendidikan ini merupakan program wajib yang harus diikuti seluruh mahasiswa ITB Kalla, karena menjadi salah satu prasyarat kelulusan sebelum sidang skripsi.

Ketua Panitia Fitriyani, S.E., M.M. mengatakan, pendidikan bela negara menjadi pilihan terbaik dalam membentuk karakter manusia yang sejalan dengan visi kampus ITB Kalla.

“Pembentukan karakter yang terbangun dalam latihan bela negara diharapkan dapat melekat hingga mereka kembali ke kampus dalam menjalani aktivitas sebagai mahasiswa. Membentuk jiwa disiplin, menghargai sesama, saling berkolaborasi dan cinta tanah air,” ucapnya.

Dalam program ini sejumlah materi disampaikan dengan berlandaskan  penguatan iman dan taqwa pada agama yang dianut oleh individu, serta berbakti kepada orang tua, bangsa, dan negara.

Ada juga pendidikan kedisiplinan, kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lain.

Tujuannya agar dapat membentuk jiwa kebersamaan, solidaritas antar sesama rekan seperjuangan, menempah mental fisik yang tangguh, dan menghilangkan sikap negatif sesuai penjelasan dari ketua panitia.

Di samping itu, Koordinator kegiatan, Andi Jamiati Paramita, S.T., M.T. menambahkan, selama kegiatan bela negara berlangsung, peserta digembleng ala militer dengan konsep kekeluargaan.

“Tentunya dengan cara seperti itu, pelatih bagi mereka bukan sekedar pelatih, tetapi orang tua yang merangkul mereka di tempat ini,” ujarnya.