GOWA – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersinergi bersama Kelurahan Sungguminasa melakukan sosialisasi dan pelatihan kearsipan pada Jumat (01/10).

Baca Juga : Gelar Gebyar Toyota Selama 10 Hari, Kalla Siapkan GrandPrize

Tim ini diketuai oleh Dr.Risma Niswaty, S.S., M.Si dan beranggotakan Dr. Andi Cudai Nur, M.Si. mengadakan pelatihan di kantor Kelurahan Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Ketua Tim PKM Pascasarjana UNM, Risma Niswaty, mengatakan sosialisasi dan pelatihan ini didasari oleh masih banyaknya sengkarut dan persoalan dalam penataan dan pengelolaan arsip, baik manual maupun elektronik/digital.

“Kami melaksanakan sosialisasi dan pelatihan ini khusus pada staf kelurahan Sungguminasa, karena kelurahan ini harus menjadi contoh pelaksanaan pengelolaan kearsipan yang baik,” kata Risma melalui keterangan tertulis kepada rakyatdotnews, Jumat (01/10).

Menurutnya, diperlukan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola arsip agar dalam pelaksanaan pelayanan di masyarakat, kendala-kendala dapat diminimalisir.

Sementara itu, pihak kelurahan sungguminasa yang menunjukkan apresiasi dan antusiasmenya terhadap pelaksanaan kegiatan ini menganggap sangat penting sosialisasi dan pelatihan kearsipan.

Lurah Sungguminasa, Anasrul Arief, S.STP mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting agar pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan staf kelurahan dapat lebih baik dan berkembang.

“Sinergi antara kelurahan dan pihak kampus akan sangat membantu dalam merealisasikan pelayanan publik yang baik karena pihak kampus memberikan pengetahuan secara teoritis dan praktis. Sementara kami sebagai pemberi layanan publik dapat menjadi pelaksana atau pihak yang mengimplementasikan teori tersebut secara benar,” ujar Arief.

Sebelumnya staf kelurahan sungguminasi telah diberikan pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang pelaksanaan pekerjaan mereka, antara lain pelatihan frontliner, tata kelola keuangan, dan public speaking.

“Dalam pelaksanaannya para peserta yang terdiri dari staf kantor lurah dan tim PPKM tampak serius dan antusias mengikuti pelatihan ini,” katanya.