MAKASSAR – Terkenal sebagai sekolah penggerak, SMA Islam Athirah 1 sukses menyelenggarakan proyek profil Pelajar Pancasila yang mengusung tema ‘Khebinekaan Global’, di Auditorium Sekolah Islam Athirah 1 Makassar, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga : TK Islam Athirah 2 Virtual Trip Ke Jeneponto

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar mengaku, sekolahnya siap menjadi percontohan untuk sekolah penggerak lainnya.

“InsyaAllah kami siap menjadi percontohan untuk sekolah lain. Makanya, kami tidak main-main dalam penyelenggaraan kegiatan itu, kami memanggil orang tua siswa, kami juga memanggil Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, kami juga memanggil teman-teman sekolah penggerak dari berbagai sekolah. Kami seperti ini, karena kami ingin membuktikan bahwa Sekolah Islam Athirah siap menjadi patron dan percontohan untuk sekolah penggerak angkatan selanjutnya,” ujarnya.

Pihaknya juga menuturkan, pada tema proyek kali ini diambil sesuai dengan profil pelajar pancasila, lalu dituangkan dalam bentuk kesenian.

“Ini adalah profil pelajar pancasila. Di mana ada 6 dimensi yang harus dicapai dalam sekolah penggerak. Salah satu profil yang kami gerakkan adalah kebhinekaan global. Adapun tema yang diangkat adalah bhineka tunggal ika, yang dituangkan dalam bentuk kesenian berupa drama, tari, musik dan rupa. Jadi dalam rangka menyaksikan panennya projek dari sekolah penggerak, para siswa harus menyiapkan dirinya untuk tampil,” jelasnya.

Dengan diselenggarakannya proyek kesenian tersebut, Guru Kesenian, Asri Mery Sidowati, S.Sn., M.F.A. berharap, agar para siswa-siswi bisa lebih menghargai perbedaan adat dan budaya yang ada di Indonesia.

“Harapan saya, dengan adanya projek ini, anak-anak bisa lebih menghargai adanya perbedaan adat dan budaya. Di mana kita tahu bahwa ada banyak keragaman budaya di Indonesia. Sehingga mereka harus bisa saling menghargai, toleransi satu sama lain. Selain itu, kami berharap anak-anak bisa mengembangkan potensi yang ada di Indonesia. Karena nilai keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia adalah yang paling dikagumi oleh warga negara lain,” harapnya.

Baca Juga : Hebat, SD Islam Athirah 2 Makassar Borong 2 Juara Renang