GOWA – Setelah sebelumnya membagikan 1.000 bibit pohon alpukat varietas unggul untuk kelompok tani dari Desa Tonasa, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa Juli 2021, Yayasan Hadji Kalla kembali melanjutkan program pemberdayaan petani dengan memberikan pelatihan pembibitan serta pembuatan pupuk agen hayati untuk masyarakat petani desa Tonasa, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, 29 November hingga 1 Desember 2021.

Baca Juga: Kerjasama Kalla Logistics-Wall’s: Komitmen Ekspansi Market Area di Indonesia

Program ini merupakan salah satu program unggulan dari Yayasan Hadji Kalla yang juga akan dilakukan pembinaan dan pendampingan untuk para petani dalam mengembangkan kegiatan penanaman dan pembibitan alpukat varietas unggul di wilayah tersebut.

Adapun program dari Yayasan Hadji Kalla ini, bekerja sama dengan tim UPT BPP (Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian) Kanreapia, Kabupaten Gowa dan juga mendatangkan pemateri langsung dari Balai Pelatihan Pertanian, Kementerian Pertanian, Solok, Sumatera Barat Bapak Sukarmin , SP dan Ibu Subhanah yang nantinya akan mendampingi dan memberikan ilmu bagi para petani yang ada di Desa Tonasa terkait ilmu pembibitan yang baik agar menghasilkan bibit-bibit unggul yang bernilai ekonomi tinggi.

Melalui pelatihan ini, para petani diajarkan berbagai teknik pembibitan agar bisa menghasilkan bibit-bibit unggul yang siap untuk ditanam dan dikembangkan. Mereka juga diajarkan menciptakan berbagai bentuk rekayasa pertanian untuk menghasilkan pupuk hayati yang bisa membuat tanaman alpukat lebih subur dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Tonasa, Anwar Jama, Tim UPT BPP (Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian) Kanreapia, Ibu Sahariah, Muhammad Takdir, selaku Kepala UPT BPTH (Balai Perbenihan Tanaman Hutan) Provinsi Sulawesi Selatan, serta Heryanto yang mewakili Bidang Economic & Social Care; Yayasan Hadji Kalla. Sementara itu, hadir juga warga anggota Kelompok Tani Parangta’juru yang merupakan kelompok tani yang terpilih untuk menjalankan program ini.