JAKARTA SELATAN – Video viral pelatihan anggota Banser beredar di media sosial dan grup-grup WhatsApp, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga : Viral Siswi SMA Coba Bunuh Diri, Ini Alasannya

Dalam video tersebut memperlihatkan, anggota Banser berbaris dengan keadaan bertelanjang dada. Satu persatu tangannya ditebas menggunakan golok sambil melantunkan shalawat berulang kali.

Namun bukannya memperlihatkan luka akibat tebasan golok tersebut, anggota Banser malah terlihat baik-baik saja (kebal).

Ketua GP Ansor, Rahmat Hidayat Pulungan, saat dikonfirmasi membenarkan video tersebut. Ia mengatakan, video itu merupakan adegan dalam pelatihan dasar untuk menjadi anggota Banser.

Pelatihan tersebut merupakan latihan dasar untuk menguji ketahanan, kekebalan tubuh, keteguhan hati dan kesabaran setiap anggota.

“Tujuan utama latihan ialah untuk melatih fisik dan keteguhan hati anggota. Jadi bukan hanya fisik, tetapi juga batin,” ucapnya.

Rahmat mengatakan, Menteri BUMN, Erick Thohir juga turut mengikuti prosedur pelatihan tersebut.

“Beliau (Erick Thohir) juga bergabung. Hanya memang tidak tersorot dalam video tersebut,” katanya.

Sebelum mengikuti pelatihan tersebut, setiap anggota wajib mengamalkan wirid dan doa-doa.

“Sebelum pelatihan, setiap anggota wajib mengamalkan wirid dan doa. Meski pak Erick kebal, namun jangan dipertunjukkan atau digunakan untuk hal-hal negatif. Intinya latihan itu pada dasarnya melatih diri agar sabar dan tahan terhadap caci maki orang lain. Itu pentingnya,” tutur Rahmat.

Baca Juga : Viral, Buku Jadi Mahar, Berikut Kisahnya