BULUKUMBA – Bertempat di pantai Lemo-Lemo Kecamatan Bontobahari, Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 60 Tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan standar protokol kesehatan, Sabtu 14 Agustus 2021.

Jika tahun-tahun sebelumnya peringatan HUT Pramuka diikuti oleh ratusan anggota Pramuka dari se-Kabupaten Bulukumba, karena pandemi Covid-19 maka hanya diikuti puluhan peserta mewakili kecamatan.

Bertindak selaku pemimpin upacara Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bulukumba. Peringatan HUT Pramuka ini adalah yang pertama kali dipimpin sejak menjabat Bupati Bulukumba.

Baca Juga: Pemkab Selayar Peringati HUT ke 60 Pramuka dengan Prokes Ketat

HUT Pramuka tahun ini mengambil tema ”Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”.

Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Pada upacara tersebut, Andi Utta sapaan akrab membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dalam sambutannya Ketua Kwarnas menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Hal itu sejalan pula dengan arahan Bapak Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan.

Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup.

“Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka kita, yaitu Pramuka Berbakti Tanpa Henti,” imbuhnya.