DPRD Makassar

Bupati Bulukumba Pimpin Upacara HUT Pramuka ke-60 di Pantai Lemo- Lemo

  • Bagikan
Bupati Bulukumba Pimpin Upacara HUT Pramuka ke-60 di Pantai Lemo- Lemo
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka

BULUKUMBA – Bertempat di pantai Lemo-Lemo Kecamatan Bontobahari, Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 60 Tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan standar protokol kesehatan, Sabtu 14 Agustus 2021.

Jika tahun-tahun sebelumnya peringatan HUT Pramuka diikuti oleh ratusan anggota Pramuka dari se-Kabupaten Bulukumba, karena pandemi Covid-19 maka hanya diikuti puluhan peserta mewakili kecamatan.

Bertindak selaku pemimpin upacara Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bulukumba. Peringatan HUT Pramuka ini adalah yang pertama kali dipimpin sejak menjabat Bupati Bulukumba.

Baca Juga: Pemkab Selayar Peringati HUT ke 60 Pramuka dengan Prokes Ketat

HUT Pramuka tahun ini mengambil tema ”Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”.

Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah “Pramuka Berbakti Tanpa Henti”.

Pada upacara tersebut, Andi Utta sapaan akrab membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dalam sambutannya Ketua Kwarnas menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Hal itu sejalan pula dengan arahan Bapak Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan.

Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup.

“Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka kita, yaitu Pramuka Berbakti Tanpa Henti,” imbuhnya.

Kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka. Banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugusdepan-gugusdepan Pramuka.

“Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita,” tutupnya.

Tampak hadir dalam peringatan HUT Pramuka, Wakil Bupati Andi Edy Manaf, anggota DPRD Saifuddin, Dandim 1411, Joko Triyanto, dan beberapa Kepala OPD.

Agenda berikutnya yang akan dilaksanakan di pantai Lemo-Lemo sebagai rangkaian HUT Pramuka adalah pelantikan pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba oleh Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Selatan, Haris Yasin Limpo.

Kerja Bakti Bersihkan Pantai

Usai pelaksanaan upacara HUT Pramuka, peserta upacara melakukan kerja bakti membersihkan sampah sepanjang pantai Lemo-Lemo. Sebuah eskavator milik Andi Utta juga tampak beroperasi membersihkan semak belukar dan merapikan pantai sehingga kelihatan lebih lapang

“Kerja-kerja konkrit pembersihan pantai seperti ini hendaknya senantiasa dilakukan oleh teman-teman Pramuka,” ungkapnya.

Selain anggota Pramuka, pembersihan pantai juga melibatkan Tagana dan personil BPBD serta OPD terkait seperti Dinas PUPR.

  • Bagikan

Makassar Recover

Makassar Recover