MAKASSAR – Sebagai Bentuk Kepedulian terhadap Lingkungan Generasi Baru Indonesia Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan GenBI(EACH) Clean Up and Ocean Ecobrik Making.

Baca Juga: Upgrade Skill Berbahasa Inggris, GenBI Komisariat UNM Gelar Kegiatan English Camp

GenBI(EACH) Clean Up and Ocean Ecobrik Making merupakan salah satu program kerja dari Deputi Lingkungan Hidup Wilayah Sulawesi Selatan dengan mengusung tema “Peduli Sampah Plastik di Kawasan Pesisir Pantai dengan Ocean Ecobrik”.
Kegiatan dari GenBI kali ini dilaksanakan di Pantai Angin Mammiri, Kota Makassar. Senin (29/11/2021).

Acara ini bertujuan untuk membersihkan lokasi pesisir pantai dari limbsh plastik dan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya limbah plastik terutama yang berada di pesisir pantai.

Perwakilan GenBI Sulawesi Selatan, Muh. Alam Rifai dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud kedatangan GenBI tersebut dalam rengka melakukan pembersihan serta pembuatan ecobrick yang dapat berguna bagi pantai.

“Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada pak RT karena sudah mengizinkan melaksanakan kegiatan di tempat ini. Jadi, saya jelaskan sedikit mengenai GenBI. GenBI merupakan komunitas penerima beasiswa dari Bank Indonesia, jadi teman -teman GenBI dan Makassar ecobrick akan melakukan pembersihan pantai dan pembuatan ecobrick,” kata Alam.

Ketua RT. Pantai Anging Mammiri, Pak Sakir, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada GenBI yang telah berinisiatif membuat program yang bertujuan untuk merawat lingkungan Pantai tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih atas kedatangan teman-teman GenBI, dalam rangka membersihkan pantai kami. Jadi, langsung saja kegiatan ini resmi saya buka,” ujar Sakir.

Dalam kegiatan ini diundang pemateri dari Makassar Ecobrick yaitu Kak Indrawati Abdi sebagai pembekalan sebelum membuat Ecobrick.

Indrawati menyampaikan bahwa Plastik merupakan berasal dari naphta yang merupakan hasil ekstraksi minyak bumi yang. Plastik pada dasar dapat didaur ulang, namun akan terjadi penurunan kualitas pada setiap prosesnya sehingga Ecobrick hadir sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh plastik. Ecobrick memiliki sologan “Dari Polusi menjadi Solusi”.

Baca Juga: 1 Dekade GenBI Sulsel: Raih Leadership Camp 2021 Kategori Social Media Teraktif

Adapun rangkaian kegiatannya yaitu pembersihan pantai dengan mengumpulkan sampah-sampah dipesisir pantai dan dilanjutkan dengan pembuatan ecobrick dari botol-botol plastik bekas bersama teman-teman makassar ecobrick.