MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama Sekretaris Direktur (Sesditjen) Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Marta Hadisarwono, melaunching Kapal Penyebrangan Penumpang Roro 500 GT Lintas Kaledupa – Tomia – Binongko (Wakatobi) KMP Sultan Murhum II di PT. IKI, Makassar, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Jenguk 2 Korban Penyerangan Asrama Mahasiswa

Kapal penumpang yang bisa memuat sekitar 265 penumpang itu dibuat melalui APBN pada Direktorat Transportasi Sungai, Danau dan Penyebrangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dimana penyedia jasa dari PT. Industri Kapal Indonesia (IKI).

Tampak KMP Sultan Murhim II menggunakan drone.

Andi Sudirman menyampaikan, bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI memberikan perhatian untuk Sulsel. Tahun 2021 ini, Kemenhub menghadirkan layanan Teman Bus dan KMP Takabonerate Kapal Penumpang Ferry Ro-Ro 500 GT Lintas Kabupaten Selayar.

“Alhamdulillah, KMP Takabonerate sangat diminati masyarakat. Sama halnya dengan hadirnya Teman Bus. Artinya, ini betul-betul sangat dinikmati dan dibutuhkan masyarakat. Hal ini pun sebagai bukti kenyamanan yang diberikan kementerian perhubungan kepada masyarakat Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Dengan hadirnya fasilitas bus dan kapal itu, kata dia, akan memberikan kemudahan untuk mobilitas penduduk dan mengangkut barang. Serta memudahkan pengangkutan kendaraan dengan hadirnya layanan kapal penyebrangan, khususnya di wilayah kepulauan.

“Jika perlu diduplikasi lebih banyak (layanan bus). Tidak menutup kemungkinan nanti ada lagi Teman Bus yang ke daerah-daerah sehingga lahirlah nanti seperti Trans Sulsel, supaya bisa menghemat biaya biaya, memudahkan mobilitas penduduk ke daerah-daerah. Sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan barang,” tuturnya.

Baca Juga: HUT-416 Tahun Selayar, Plt Gubernur Sulsel Beri Bantuan Keuangan Rp 10 Miliar

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kata dia pun terus berupaya dalam memberikan pelayanan kemudahan, salah satunya dalam transportasi darat. “Kami hanya ingin memberikan pelayan yang baik untuk masyarakat,” pungkasnya.