MAKASSAR — Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) memasuki hari keempat dan sebanyak 165 orang telah melakukan registrasi, kamis (2/12/2021).

Baca Juga : 15 Jabatan Terbuka di Lelang Pemprov Sulsel

Hal menarik, adalah terdapat banyak peserta dari luar instansi Pemprov Sulsel yang telah mendaftar sebagai calon peserta. Beberapa ada dari Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah baik itu Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Ini sebagai tanda baik ada trust kepada sistem yang dijalankan. Lelang saat ini sudah mencapai 165 peserta. Ada dari Jabar, DKI, Kementerian/Lembaga dan lainnya,” kata Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama Pemprov Sulsel, Prof. Dr. H. Murtir Jeddawi, SH., S.Sos., M.Si.

Tingginya animo peminat antara lain dikarenakan sistem pendaftaran yang dilakukan sudah melalui Sistem Aplikasi Berbasis Web sehingga memudahkan untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

Salah satu dokumen yang menjadi syarat bagi pendaftar adalah diharuskan untuk memiliki Surat Keterangan Bebas dari Sangkutan Aset yang dikeluarkan oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang menangani aset di masing-masing daerah.

Selain dari itu, pendaftar juga harus memiliki integritas tinggi dimana panitia seleksi juga mempersyaratkan, calon peserta adalah mereka yang tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin, ataupun tindak pidana dibuktikan oleh Surat Keterangan dari Pejabat yang menangani Pengawasan di masing-masing instansi dalam hal ini Inspektorat.

Di lain kesempatan, Murtir Jeddawi menyampaikan, seluruh tahapan akan dilaksanakan dengan asas transparansi dan terbuka serta profesional. Sehingga, diharapkan untuk calon peserta tidak lagi mencoba menggunakan cara-cara yang tidak benar.

“Mekanisme akan diliat termasuk track record sebelumnya, personality, komunikasi pimpinan, loyalitas, integritas, kecakapan, tingkat kesuksesan dalam pekerjaan diberikan, pengalaman menangani proyek teknis dan lain-lainnya,” ujar Murtir Jeddawi.