Harapan sepak bola Makassar tengah dipundak Andi Sudirman Sulaiman, Plt Gubenur Sulsel. Pada perkembangan terakhir, harapan itu ada. Medio Maret 2021, Sudirman tak menampik dapat melanjutkan kembali Pembangunan Stadion Barombong.

“Stadion Barombong? Semua berpotensi dilanjutkan tinggal melihat lagi bagaimana anggaran kita punya dan yang mana kita kerjakan,” kata

Sudirman Sulaiman, 8 Maret 2021.
Artinya, pembangunan stadion di Makassar sebenarnya hanyalah itikad baik dari pemangku. Jika yang bersangkutan memang memiliki kepedulian pada dunia sepak bola, sebagaimana Makassar sebagai gudangnya pemain sepak bola, olahraganya dunia maka tak ada kesulitan untuk membangun stadion.
Pekan kemarin, grafis stadion Mattoanging versi Plt gubernur telah meruyak melalui lama media sosial diposting oleh sejumlah suporter PSM.

Sederhana tetapi nampak terlihat, ada kesan pada beberapa struktur bangunan terdapat jejak stadion Mattoanging versi lama. Ini bagus. Apalagi telah memenuhi standard AFC. Tetapi menunggu kapan kelar, rasanya perlu bersabar untuk kesekian lamanya. Masih butuh sejumlah tahapan. Kita berharap tahapan demi tahapan terlewati sehingga progres nya pun berjalan sesuai cita cita dan niat bersama. Sekali lagi perjalanan Stadion Mattoanging masih lama.

Lalu mengapa tak melirik Stadion Barombong? Jika ini dilanjutkan maka tak butuh lama bagi suporter dapat meneriakkan yel yel tim kebanggaannya berlaga di lapangan hijau. Tentu klub klub lagi dari berbagai kota kembali menginjakkan kakinya di Makassar setelah sekian lama talk merasakan hiruk pikuk sepak bola Makassar. Nikmati coto nya, palllubasanya, ikannya, Losari nya hingga langgam Bugis Makassar.

Mengakhiri goresan ini, saya mengantar anda ke Yunani di kisaran Abad 776 SM saat pemikir dan pemangku kota Yunani, ketika pertamakali menghadirkan stadion Olympia Yunani, salah satu stadion tertua di dunia. Mereka berpendapat seperti ini. Stadion merupakan lambang prestesius dan reputasi kota untuk bercerita pada dunia.

Kota Bola Tanpa Stadion Bagaikan Kota Tanpa Reputasi

Ano Suparno