MAKASSAR – Diduga korupsi program P3A, Puluhan Aktivis Mahasiswa Makassar (AMM) melakukan aksi demonstrasi geruduk kantor Balai Besar Jeneberang Kota Makassar, Jumat (03/12).

Jenderal Lapangan, Rafik mengatakan, aksi unjuk rasa yang AMM lakukan merupakan bentuk pengawasan penegakan supremasi hukum diwilayah Provinsi Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana kebocoran atas pengelolaan anggaran aspirasi irigasi desa yang melibatkan pihak Balai Besar Pompengan Jeneberang.

Baca Juga : Massa Aksi 212 Gelar Reuni Dibubarkan Polisi

Dalam orasinya, Rafik pula menyampaikan dugaan kasus tersebut diperoleh melalui hasil investigasi, informasi dan beberapa sumber yang dapat dipercaya terkait dengan pengelolaan anggaran aspirasi irigasi desa pada setiap paket di PPK.

“Ada temuan pada beberapa item kegiatan yang ada di daerah Luwu dan sekitarnya, tepatnya dalam penanganan PPK OP3 dan PPK OPV dalam konsep pelaksanaan di lapangan, kami menemukan kejanggalan yang sangat meyakinkan bahwa PPK hampir tidak melihat dan mengunjungi lokasi atas program paket pekerjaan tersebut,” ujarnya.

Ia menduga PPK dan SATKER menerima Fee atas kegiatan program tersebut. Dalam hal ini dugaan ada upaya suap atau gratifikasi, pemeberian atau penerimaan Fee.

“Atas program kegiatan ini, kami menduga telah terjadi pemotongan anggaran tersebut sebagai bahagian dari fee. ironisnya tidak tanggung-tanggung dana tersebut kami duga disunat berkisar 30% perpaket, jika dihitung secara keseluruhan maka uang Negara yang bocor mencapai 24 Milyar bila nilai proyek 800 paket,” paparnya.

AMM menegaskan, dalam waktu dekat akan melaporkan temuannya tersebut di Kejati Sulsel dan juga KPK untuk ditinjaklanjuti sesuai aturan undang-undang yang berlaku

Diketahui, anggaran Pengelolaan Anggaran Aspirasi Irigasi Desa atau yang ditangani oleh PPK pendayagunaan tata guna air mencapai hingga Rp160 Milyar untuk 800 paket dengan nilai setiap paket pekerjaan sebesar Rp200 Juta yang tersebar di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Bhabinkamtibmas Empoang Pantau Kegiatan Vaksinasi Massal di Kantor Golkar Jeneponto

Pilihan Video