MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menerima kunjungan investor asal Taiwan, Wei-Min Donald Chen, di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Makassar.

Baca Juga: Jelang Nataru, Plt Gubernur Silaturahmi dengan Forkopimda dan Bupati/Walikota

Andi Sudirman menyambut Wei-Min Donald Chen yang juga merupakan Direktur PT Asiamax Mining Indonesia, selama ini beroperasi di Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis (2/12/2021).

Kunjungan Donald Chen yang didampingi Direksinya dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, Nimal Lahamang, dan Wakil Ketua DPRD Jeneponto Irmawati Zainuddin.

Donald Chen dalam pertemuan itu menyampaikan keinginannya untuk berinvestasi di Sulsel melalui pembangunan smelter di Bantaeng.

“Kami ingin di Bantaeng untuk pembangunan smelter. Ada beberapa hektar lahan yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan smelter tersebut,” katanya.

Tidak hanya itu, Donald Chen menyampaikan, untuk pembangunan smelter ini pihaknya akan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat setempat sesuai klasifikasi pekerja yang dibutuhkan.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyambut baik keinginan investor untuk berinvestasi di Sulsel.
Menurut Andi Sudirman Sulaiman, hal tersebut akan menjadi peluang bagi masyarakat sekitar lokasi investasi yang diinginkan untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut.

“Harapan kita tentu perusahaan ini nantinya bisa mengutamakan masyarakat lokal untuk bekerja pada perusahaan itu,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Andi Sudirman menyampaikan agar setiap investor yang ingin berinvestasi dapat mengoptimalkan potensi lokal yang ada. Ia juga menegaskan pentingnya membangun komunikasi antara investor dengan masyarakat lokal yang berada di lokasi investasi, sehingga masyarakat setempat juga bisa merasakan manfaat dengan adanya perusahaan tersebut.

“Juga memastikan tidak ada isu lingkungan dan sosial dengan melakukan perencanaan menurut regulasi yang ada, tidak menimbulkan kerusakan lingkungan, serta dapat memberi pemanfaatan tenaga dan sumber daya lokal yang tinggi (Local Content),” tegasnya.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Bersama Sesdijen Perhubungan Darat Resmikan KMP Sultan Murhim II

Andi Sudirman berharap, agar ada program sosial responsibility yang kuat dari perusahaan tersebut, sehingga dapat memenuhi ekspektasi investasi oleh masyarakat banyak.