LUMAJANGGunung Semeru mengalami erupsi yang disertai panas dan hujan abu vulkanik cukup tebal Sabtu (4/12/2021) sore pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Awan Panas, Warga Selamatkan Diri dari Erupsi Gunung Semeru

Hujan abu tebal akibat erupsi tersebut mengakibatkan dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami gelap gulita.

Salah satu akun twitter yang bernama @MBurhanuddin3 mengunggah sebuah video amatir yang memperlihatkan kondisi gunung semeru yang sedang mengeluarkan abu vulkanik.

Dalam rekaman video amatir akun twitter tersebut, tampak gumpalan abu vulkanik tebal mengepul ke udara hingga ratusan meter, sehingga membuat langit tampak gelap dan menyebabkan warga sekitar berlarian menyelamatkan diri.

Walaupun belum dikonfirmasi dengan pasti oleh pihak terkait setempat, namun berdasarkan pantauan Rakyat.news, keyword Semeru menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 48 ribu cuitan.

Baca Juga: Detik-Detik Warga Selamatkan Diri Saat Erupsi Gunung Semeru

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada imbauan secara resmi dari pihak (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Jawa Timur terkait dengan erupsinya Gunung Semeru tersebut.