JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan langkah tanggap darurat terkait erupsi Gunung Semeru.

Langkah tanggap darurat tersebut diperuntukkan dalam hal untuk mencari korban hingga melakukan penanganan dampak bencana dari erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru Telah Tewaskan 13 Orang, Dua Diantaranya Diidentifikasi

“Sesaat setelah mendapatkan laporan tentang bencana tersebut, saya memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” kata Jokowi melalui akun Instagramnya, Minggu (5/12/2021).

Selain itu, Jokowi juga meminta agar bantuan pelayanan kesehatan dan logistik bagi warga yang terdampak dapat diselesaikan dengan segera. Begitu pula dalam hal perbaikan infrastruktur untuk dituntaskan secepatnya.

“Bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” ujar Jokowi.

Masyarakat juga diimbau oleh Jokowi untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan dan meningkatkan kewaspadaan. Apalagi, jika diingat Indonesia berada di wilayah ring of fire arau rawan bencana.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Indonesia yang berada di wilayah cincin api ini rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Orang nomor satu di Indonesia saat ini pun telah mewanti-wanti pemerintah daerah untuk tak lelah mengajak warganya selalu siaga dan waspada. Bahkan, Jokowi juga meminta setiap pemerintah daerah mampu mengantisipasi datangnya bencana di wilayahnya.