MAKASSAR – Sperma yang sehat sebagai elemen penting dalam reproduksi membantu anda dalam proses pembuahan.

Sedangkan sperma yang tidak sehat cenderung kesulitan membuahi sel telur yang berada di rahim wanita.

Baca Juga : 5 Cara Hilangkan Bau Mulut Makan Jengkol

Dilansir dari CNN Indonesia, terdapat 5 ciri sperma sehat berkualitas….

1. Jumlahnya banyak

Kuantitas atau jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih untuk setiap mililiter (mL) semen, merujuk Healthline. Kurang dari jumlah tersebut sperma dianggap tidak subur atau disebut sebagai oligospermia.

Semakin volume sperma yang dihasilkan saat pria ejakulasi, semakin besar pula kemungkinan salah satu sel sperma untuk berhasil membuahi sel telur.

Untuk bisa mengetahui kuantitas sperma yang dihasilkan secara akurat, Anda bisa melakukan tes kesuburan.

2. Gerakan Gesit

Pergerakan sperma yang gesit menjadi tanda sperma subur. Semakin lincah pergerakan sperma, membuatnya lebih cepat sampai rahim untuk melakukan pembuahan.

5 Ciri Sperma Sehat Berkualitas
Ilustrasi

Untuk mengetahui cepat-tidaknya pergerakan sperma, Anda dapat memeriksakannya ke laboratorium.

3. Bentuk Sperma Normal

Sperma yang sehat memiliki kepala yang bulat dan ekor yang panjang dan kuat. Sperma yang struktur dan bentuknya normal lebih mungkin untuk mencapai sel telur.

4. Air Mani Kental

Air mani yang kental seperti jeli menjadi salah satu faktor kemungkinan ciri sperma subur dan normal. Ciri ini biasanya dikaitkan dengan banyaknya jumlah sel sperma.

Selain itu, sperma yang kental juga lebih sedikit mengalir keluar dari vagina, merujuk Healthline. Ini pun meningkatkan peluang wanita untuk hamil.

5. Air Mani Putih

Air mani yang sehat dicirikan dengan warna putih keruh atau keabuan dan sedikit kekuningan. Sementara warna yang cenderung bening atau tak biasa, menjadi tanda sebaliknya.