LUWU UTARA –  Bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), mengundang empati dan simpati dari berbagai pihak untuk menyampaikan dan mengirimkan doa kepada warga yang terdampak bencana.

Salah satunya Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Melalui fanpage facebook-nya, Indah mengirim doa untuk warga terdampak. “Mari kita doakan saudara-saudara kita di Lumajang dan sekitarnya yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” tulis Indah, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Tanggulangi Erupsi Semeru, Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II

Tulisan Indah ini kemudian dilanjutkan dengan doa agar warga Kabupaten Lumajang dan sekitarnya diberi kekuatan oleh Allah Swt. “Semoga senantiasa dalam perlindungan-Nya dan diberi kekuatan,” tutup Indah dalam akun resmi fanpage facebook-nya tersebut.

Sekadar diketahui, erupsi gunung berketinggian 3.676 meter yang mengakibatkan terjadinya hujan abu vulkanik disertai awan panas ini terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021, sore sekira pukul 15.30 WIB. Hingga Minggu 5 Desember 2021, belasan warga menjadi korban.

Dilansir dari Kompas.com, sudah 13 korban jiwa akibar erupsi Gunung Semeru, tapi baru dua korban yang teridentifikasi. “13 orang ini merupakan update langsung bapak Kepala BNPB dari lapangan,” kata Plt. Kapusdatin BNPB, Abdul Muhari dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Langkah Tanggap Darurat Erupsi Semeru Dilakukan

Dengan kejadian bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi alarm bagi masyarakat Indonesia bahwa negara kepulauan ini dikelilingi oleh potensi ancaman bencana. Untuk itu, kesiapsiagaan terhadap risiko bencana harus ditingkatkan.