JAKARTA – Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla (JK), memerintahkan jajarannya untuk menurunkan Hagglund PMI ke lokasi erupsi gunung semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Perintah JK tersebut langsung ditindak lanjuti Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI dengan memberangkatkan 2 unit Hagglund ke Lumajang, minggu 05/12 malam dari pangkalannya di Cileungsi Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Bupati Luwu Utara Kirim Doa Bagi Warga Terdampak

Kendaraan multi fungsi Hagglund milik PMI ini memiliki roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas. Juga bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia.

Nantinya, kendaraan ini akan membantu evakuasi korban didaerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin.

Diperkirakan senin 06/12 siang nanti, 2 unit Hagglund tersebut akan tiba di Posko PMI Kabupaten Lumajang. Dalam menjalankan operasi pencarian, Hagglund ini dibawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang.

PMI Lumajang rencananya akan menempatkan Kedua Hagglund ini didua sisi Jembatan Gladak Perak Desa Curah Kobokan Kecamatan Candipuro Lumajang yang putus diterjang lahar dingin letusan gunung semeru.

Nantinya, 1 unit ditempatkan diposisi akses menuju Kecamatan Candipuro dan 1 unit lagi di Kecamatan Pronojiwo, yaitu akses melewati Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Selain membantu pencarian korban dan evakuasi warga, Hagglund ini akan digunakan mengangkut bahan makanan ke pos-pos pengungsian yang tidak bisa dilintasi kendaraan biasa.

Hagglund PMI telah beberapa kali diturunkan membantu evakuasi korban Letusan Gunung, diantaranya erupsi Gunung Merapi tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2011, erupsi Gunung Sinabung tahun 2013, dan kini erupsi Gunung Semeru.