MAKASSAR – Mimpi basah sering dialami seorang laki-laki yang saat terbangun dengan pakaian basah karena sperma dilepaskan saat ejakulasi.

Dilansir dari Medical News Today, mimpi basah terjadi bukan karena masturbasi saat tidur. Hasil penelitian justru menunjukkan 8 persen mimpi memiliki kandungan seksual.

Baca Juga : 7 Penyebab Perempuan Sulit Orgasme

Berikut 4 penyebab mimpi basah….

1. Masa Pubertas

Penyebab mimpi basah yang satu ini adalah masa yang pasti dilewati setiap orang dengan kisaran 12-16 tahun.

Sering terjadi selama masa remaja, anak laki-laki dimungkinkan karena tidak sering melakukan masturbasi.

2. Kandung Kemih Penuh

Seperti dikutip dari Young Mens Health Site, peningkatan hormon testosteron atau kelebihan cairan semen yang tidak dikeluarkan bisa menjadi penyebab mimpi basah.

Emisi noktural terjadi karena adanya tekanan atau stimulasi pada alat kelamin oleh kasur, mimpi erotis, dan kandung kemih penuh.

3. Minimnya Aktivitas Seksual

Penyebab mimpi basah selanjutnya, yaitu minimnya aktivitas seksual. Umumnya, mimpi basah akan sering terjadi pada pria yang belum memiliki pasangan. Selain itu, mimpi basah juga kerap terjadi pada pria yang jarang melakukan masturbasi.

4. Tidur Tengkurap

4 Penyebab Mimpi Basah
Ilustrasi

Meski tidak selalu memicu terjadinya mimpi basah, tidur tengkurap membuat orang tersebut rentan mengalami mimpi erotis. Meski begitu, masih perlu banyak penelitian untuk memastikan apakah posisi tidur berperan menyebabkan mimpi basah.

Baca Juga : Menstruasi Bocor, 5 Tips Memilih Pembalut