MAKASSAR – Dalam rangka menjaga ketersediaan rupiah menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, Bank Indonesia (BI) Sulsel telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,17 triliun demi pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai dan layak edar.

Baca Juga : Gelar AMBF, BI Sulsel Antar UMKM Masuk Pasar Global

BI Sulsel memperkirakan arus keluar uang tunai (outflow) pada periode NATARU Tahun 2021 sebesar Rp3,17 triliun meningkat sebesar 6,02% (yoy) dibandingkan periode sebelumnya tahun 2020 sebesar Rp2,99 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Imam Karana mengatakan, besarnya penyediaan uang tunai tersebut didasari pertimbangan aktivitas ekonomi masyarakat yang semakin meningkat seiring dengan penurunan level PPKM di berbagai daerah.

“BI Sulsel bersinergi dengan perbankan dalam memaksimalkan pendistribusian uang di berbagai wilayah termasuk melalui kas titipan agar perbankan Sulsel memiliki kecukupan persediaan uang secara jumlah dan pecahan,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima rakyatdotnews, Kamis (09/12/2021).

Jaga Ketersediaan Rupiah Jelang Nataru, BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp3,17 Triliun
Jaga Ketersediaan Rupiah Jelang Nataru, BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp3,17 Triliun

Dalam pelaksanaannya, BI Sulsel mewajibkan: 1) bank dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang dengan kualitas baik dan optimal termasuk pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM); 2) menyediakan layanan penukaran uang kepada masyarakat di loket perbankan sehingga masyarakat dapat memperoleh pecahan uang sesuai dengan kebutuhan; dan 3) memastikan seluruh kegiatan pengolahan uang sesuai dengan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

“Kepada masyarakat yang akan melakukan penukaran uang, BI Sulsel menghimbau agar penukaran dapat dilakukan secara kolektif, guna tetap menjaga physical distancing. Kepada bank yang menyediakan loket penukaran, agar dipastikan seluruh proses penukaran sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19,” jelasnya.