MAKASSARBank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan  bersama Dinas Perdagangan dan Perumda Pasar Makassar Raya melakukan Launching Pasar SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru Makassar.

Launching Program Pasar Sehat Inovatif Aman Pakai (SIAP) QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) dilaksanakan pada 13 Desember 2021.

Baca Juga : Danny Bersama Bank Indonesia Perkuat Transaksi Elektronifikasi

Launching piloting program SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru dan 3 (tiga) mall, yaitu Mall Transmart, Mall Nipah dan Mall Panakukkang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Walikota Makassar, Ibu Fatmawati Rusdi.

Program SIAP QRIS merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan terkait penggunaan QRIS baik offline dan online pada pasar dan pusat perbelanjaan (mall) dalam upaya mendukung program Digitalisasi Pasar Rakyat, yang ditindaklajuti dengan Launching Piloting Program Pasar SIAP QRIS di pasar dan mall di masing-masing daerah.

BI Launching Pasar 'SIAP QRIS' di Pasar Kampung Baru
BI Launching Pasar ‘SIAP QRIS’ di Pasar Kampung Baru. Foto: Dokumen Istimewa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Causa Imana Karana menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada Pasar Kampung Baru Makassar.

Bantuan PSBI tersebut merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan Program Digitalisasi Pasar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Perbankan, Pengelola Pasar serta Asosiasi Pedagang untuk memfasilitasi pembayaran non tunai diantaranya menggunakan kanal pembayaran QRIS.

Khusus piloting Program Pasar SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru Makassar dan 3 mall, Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bersinergi dengan Dinas Perdagangan, Bank Rakyat Indonesia, Bank Sulselbar, Perumda Pasar Makassar Raya, Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Asparindo) di Makassar dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulawesi Selatan dan Barat.