LUMAJANG – Tim tanggap darurat atau Emergency Response Group (ERG) PT Vale Indonesia Tbk (“PT Vale”) membuka layanan kesehatan bagi pengungsi bencana guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Tambahrejo, Joglosari, Candipuro, Kabupaten Lumajang, yang beroperasi sejak, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: PT Vale Rebuild Furnace 4: Dukung Peningkatan Produksi Perseroan

Koordinator Tim ERG PT Vale Indonesia Tbk, Koesharjanto, mengatakan bahwa pihaknya telah membuka layanan pemeriksaan kesehatan dan memberikan pengobatan kepada warga yang membutuhkan dampak dari erupsi gunung semeru.

“Berkoordinasi dengan Tim Gabungan ESDM Siaga Bencana, Tim ERG PT Vale hari ini membuka layanan pemeriksaan kesehatan dan memberikan pengobatan kepada warga yang membutuhkan. Tercatat 43 pasien yang mayoritas adalah lansia berusia 60 tahun ke atas telah kami berikan pengobatan dengan diagnosis sebagian besar hipertensi, arthritis, myalgia, dan ISPA,” kata Koesharjanto.

Selama berada di lokasi bencana, TIM ERG PT Vale Indonesia Tbk terus melakukan pencarian sejak 10 Desember hingga19 Desember akan Kembali ke Sorowako.

Guguran awan panas Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 telah mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia, ribuan orang mengungsi, serta kerusakan pada bangunan rumah dan fasilitas umum.

Sebagai bentuk kepedulian atas bencana alam tersebut, PT Vale Indonesia memberangkatkan Tim Emergency Response Group (ERG) untuk membantu operasi Search and Rescue (SAR) di lokasi bencana Gunung Semeru, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021).

Tim beranggotakan 14 orang, terdiri atas kru penyelamatan, dokter, paramedis, dan personel security, bertolak dari Bandar Udara Khusus Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, membawa perlengkapan SAR serta bantuan awal berupa obat-obatan.

Pada fase tanggap darurat, operasi pencarian dan penyelamatan korban menjadi fokus kegiatan.