MAKASSAR – Sepeda motor merupakan moda transportasi yang banyak digunakan oleh semua kalangan untuk kebetuhan sehari-hari maupun untuk perjalanan jauh. Meski keren dan mengasyikkan untuk dikendarai, sepeda motor pada dasarnya lebih berbahaya daripada mobil. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tips aman berkendara sepeda motor.

Baca Juga : Ivan Gunawan Diet 40 Kg, Berikut Tipsnya

Berikut 4 tips aman berkendara sepeda motor.

1. Kenakan Perlengkapan Keselamatan
Perlengkapan keselamatan menjadi bagian terpenting untuk menjaga Anda agar tetap aman saat di jalan. Perlengkapan keamanan yang harus digunakan yaitu masker, helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang, dan pakaian yang nyaman. Perlengkapan berkendara yang tepat dapat melindungi Anda dari bahaya yang terjadi di jalanan.

2. Tetap Menggunakan Helm
Dengan memakai helm saat berkendara dapat melindungi Anda dari benturan dan segala macam cedera. Helm memang tidak menjamin keseluruhan organ tubuh Anda aman, tetapi menggunakan helm akan jauh lebih aman daripada tidak sama sekali.

3. Sadar Akan Aturan Berkendara
Salah satu fakta yang disayangkan adalah bahwa pengendara sepeda motor akan menanggung beban kerusakan sendiri saat bertabrakan dengan pengendara lain. Oleh karena itu, Anda harus memiliki kesadaran penuh dalam berkendara, dan jangan menjadi pengemudi yang agresif atau melakukan manuver beresiko.

4. Bersiap Atas Semua Situasi Yang Terjadi
Bahkan jika Anda berhati-hati dalam berkendara, Anda tidak dapat mengontrol apa yang dilakukan kendaraan lain di jalan. Karena itu, bergerak cepat untuk menghindari semua resiko menjadi kunci aman dalam tips berkendara.

Selain 4 tips di atas, pastikan Anda selalu berlatih dan selalu membiasakan diri mengendarai sepeda motor. Tingkat latihan tertentu sangat penting untuk mengembangkan naluri dan reaksi yang baik di jalan.