Di sisi lain, kuasa pengguna anggaran dan organisasi pemerintah daerah penerima DIPA dan TKDD dituntut untuk segera melakukan percepatan realisasi anggaran. Dengan data-data di atas, merupakan indikator bagi Kementerian Keuangan untuk terus memberikan himbauan kepada seluruh kementerian/lembaga dan para kepala daerah agar segera melakukan percepatan penyerapan realisasi anggaran antara lain melalui menyiapkan proses pengadaan barang/jasa dengan melakukan perencanaan sesuai jadwal yang ditetapkan dengan memprioritaskan percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang sederhana dan mudah dilaksanakan, namun tetap memperhatikan good governance.

Melakukan mitigasi permasalahan pelaksanaan anggaran dan berkoordinasi antar pihak-pihak terkait antara lain Unit Eselon I Kementerian/Lembaga, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara setempat. Komitmen dari pimpinan kementerian/lembaga dan para kepada daerah sangat penting untuk terus menerus memberikan perhatian dan mengarahkan pelaksana/pengelola keuangan agar berupaya melaksanakan capaian realisasi anggaran di awal tahun untuk menjaga pemulihan ekonomi.

Dengan dukungan teknologi dan informasi yang semakin baik, seyogyanya penyusunan dan persetujuan APBN dapat terus dipercepat sehingga DIPA dan TKDD segera diterima oleh kuasa pengguna anggaran dan para kepala daerah agar terus menjaga momentum pemulihan ekonomi melalui pengeluaran pemerintah.