MAKASSAR – Bupati H. Muh Basli Ali melakukan kunjungan ke lokasi terdampak gempa di Selayar pasca gempa 7,4 Magnitudo diselingi peringatan tzunami dini di Larantuka Nusa Tenggara Timur yang berdampak hingga di Kabupaten Kepulauan Selayar dan menyisahkan ratusan rumah warga rusak bahkan rata dengan tanah.

Baca Juga : 346 Rumah Rusak di Selayar Akibat Terdampak Gempa NTT, Plt Gubernur Kerahkan Tim Medis dan Logistik

Atas kejadian gempa tersebut, guna memastikan kondisi warganya, Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali didampingi Forkopimda, tim medis melakukan kunjungan ke lokasi terdampak di Kecamatan Pasilambena, Rabu (15/12).

Bupati Basli Ali Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa di Selayar
Foto: Dok. Istimewa.

Tiba Pulau Kalaotoa dan Pulau Madu Pasilambena, Bupati dan rombongan langsung meninjau dampak akibat gempa magnitudo dan menemui langsung warganya di tenda-tenda pengungsian.

Di lokasi pengungsian, Bupati Basli Ali langsung disambut haru masyarakat. Kedatangan Bupati di lokasi pengungsian tersebut sedikit memberi semangat baru bagi warga.

Kedatangan Bupati dan Forkpimda, oleh sebagaian warga ada yang berkeluh kesah terkait nasib keluarganya pasca tempat tinggalnya luluh lantah rata dengan tanah akibat gempa.

“Sabar yang terpenting dulu bagaimana warga semua selamat dan sehat, kita sama berdoa kondisi ini cepat berlalu, kalau ada kebutuhan seperti beras, gula, teh atau lainnya minta saja ke Kepala Desa,  sebelum bantuan dari Kabupaten tiba” ucap Bupati seraya memberi semangat agar mereka tidak tertekan dan trauma.

Dari pantauan, Gempa membuat jalan poros warga pulau Kalao Toa yang merupakan akses perekonomian rusak dan putus.

Sepanjang jalan poros di pulau Kalao Toa Kecamatan Pasilambena retak dan patah, sementara sejumlah tebing disepanjang jalan yang menghubungkan 4 desa dipulau ini juga longsor dan material batu memasuki badan jalan.