MAKASSAR – Menjelang libur di pengujung tahun 2021 yang diistilahkan libur Nataru oleh pemerintah, Astra Motor Sulawesi Selatan ingin berbagi tips dalam berkendara roda dua yang aman saat berlibur. Sesuai himbauan pemerintah untuk melakukan perayaan Nataru.

Baca Juga : Siaga Banjir, AHASS Asmo Sulsel Gelar Services Gratis di 10 Titik

Dengan beberapa syarat, banyak kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia, salah satunya mudik untuk melepas tahun 2021 dan menyambut tahun 2022 bersama keluarga di kampung. Tak jarang, para pengendara sepeda motor membawa barang yang cukup banyak sehingga berpotensi membahayakan keamanan berkendara.

2 Tips Berkendara Roda Dua Membawa Barang
2 Tips Berkendara Roda Dua Membawa Barang. Foto: Dok. Istimewa.
2 Tips Berkendara Roda Dua Membawa Barang. Foto: Dok. Istimewa.

Oleh karena itu, team Safety Riding Astra Motor Sulsel melalui safety riding instructor Abdul Kadir berbagi tips bagaimana cara membawa barang bagi pengguna roda dua yang tentunya tips ini tidak hanya berlaku kepada pengendara yang akan merayakan pergantian tahun di kampung, tapi juga berlaku kepada pengendara pengendara yang mencari nafkah melalu kurir pengantaran barang dengan menggunakan sepeda motor.

Abdul Kadir mengatakan, momen Nataru tentu akan banyak pengendara khususnya pengendara roda dua yang akan berencana pulang kampung dengan kendaraan roda duanya.

Pada umumnya pengendara roda dua yang pulang kampung akan membawa barang bawaan baik itu. Untuk oleh oleh yang akan dipersembahkan kepada seseorang maupun sebagai bekal dalam perjalanan atau di tujuan maupun perlengkapan perlengkapan untuk perjalanan jauh lainnya.

Berikut bagaimana cara membawa barang yang aman dan nyaman dengan kendaraan Roda Dua:

1. Sebaiknya menggunakan alat bantu muat barang seperti :

  • Cutom box
  • Bracket box
  • Tas pelana/obrox
  • Tas Punggung
  • Dan pastikan perlengkapan tersebut tidak mengganggu aktifitas penegendara.

2. Jangan membawa barang secara berlebihan meskipun menggunakan alat bantu