MAKASSAR – Puluhan korban penipuan bisnis online produk kecantikan merugi hingga puluhan miliar terjadi di Makassar.

Kasus tersebut terungkap setelah ada beberapa laporan dari masyarakat.

Berikut 5 fakta dugaan penipuan bisnis online kosmetik hingga puluhan miliar

1. Modus penipuan terjadi pada agen produk kecantikan NRL dengan transaksi Pree Order (P.O) kepada sub agennya kemudian beberapa sub agen mengorder produk tersebut hingga mencapai transaksi miliaran.

“Kita sebelumnya sudah sering kerja sama, barang dulu lancar, kita order hari ini paling 1 sampai 2 hari kemudian sudah ready, namun kali ini sudah hampir 1 bulan produk tidak pernah ada,” teran korban yang tidak ingin disebut namanya saat diwawancarai wartawan Rakyatdotnews di Kantor Redaksi, Rabu (15/12/2021).

2. Korban penipuan bisnis kosmetik saat ini mencapai puluhan orang dengan kerugian puluhan miliar.

3. Pemesanan dilakukan dengan mentransfer kepada agen dengan nilai yang berbeda hingga mencapai miliar dengan iming-imingi keuntungan.

4. Dua wanita asal Kabupaten Gowa dan Takalar merugi Rp5,8 miliar

Kedua korban yakni Misbahul Janna dan Risna Aras. Misbahul mengalami kerugian Rp3,32 miliar dan Risna sebesar Rp2,56 miliar.

“Klien kami mengalami kerugian Rp5,8 miliar dengan modus diimingi produk cream muka Nrl,” kata Andi Ifal Anwar (AIA), kuasa hukum Misba dan Risna pada jumpa pers di Jalan Topaz, Makassar, Kamis (16/12/2021).

Selain itu, korban yang mengatas namakan Kelompok Online Shop Makassar (Olshop Makassar) juga mengalami kerugian hingga 10 Miliar.

5. Diduga produk kosmetik ini tanpa izin edar dari BPOM

Informasi yang dihimpun rakyatdotnews salah satu produk dari RNL yang lagi viral di masyarakat tidak memiliki mengantongi ijin Badan Pengawas Obat dan Makanan.