GOWA – Berbagai terobosan dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa dalam upaya mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Yang terbaru, DLH akan menggelar lomba antar bank sampah unit yang ada di seluruh kabupaten Gowa.

Salah satu kelurahan yang ikut dalam lomba Bank Sampah Unit (BSU) adalah kelurahan Tamarunang, kecamatan Somba Opu, kabupaten Gowa yang berlokasi di jalan Aljibra. Dikelola oleh Hj. Andi Juniati. S. Sos . Msi, selaku Direktur, dan Kurniati selaku bendahara.

Baca Juga : Wabup Suaib Mansur Lepas 9 Atlet Bulutungkis ke Pra-Porprov Kabupaten Gowa
DLH Gelar Lomba Bank Sampah Sekabupaten Gowa
Foto: Dok. Istimewa.

“Jadi nanti masing-masing kelurahan atau desa yang ada di kabupaten gowa dan punya bank sampah unit akan kita nilai dan lombakan, Ada Reward di situ siapa bank sampah terbaik. Ini salah satu program bagaimana memotivasi masyarakat untuk mendukung program kami,” ujar Tim Penilai, Viana Pramuga Sari. SE, Jumat (17/12/2021).

Dalam lomba nanti, ada beberapa kriteria yang menjadi poin penting penilaian para juri. Di antaranya adalah bagaimana tata kelola bank sampah unit, sistem pembagian hasil keuntungan, dan beberapa penilaian lainnya.

“Kalau bank-bank sampah jelas kami nilai dari sisi manajemen seperti apa, pengelolaannya seperti apa, kreatifitas dan keaktifannya bank sampah unit dengan bank sampah induk,” lanjutnya.

DLH Gelar Lomba Bank Sampah Sekabupaten Gowa
Foto: Dok. Istimewa.

Dalam lomba kali ini langsung dinilai oleh ibu Viana Pramuga Sari, SE, di dampingi oleh Kasi trantib kecamatan somba opu Syahrul Ramadhan, Sstp, MM dan Roslan S. Kep. NS.

“Tahapan-tahapan itulah yang kita nilai. Dari sisi bagaimana masyarakat mengelola sampah rumah tangganya, karena ini bisa menghasilkan nilai ekonomi ,Dan bisa ditabung atau di tukar dengan barang sesuai keinginan warga. Dan itu yang nantinya kita nilai,” ungkap Viana Pramuga.