BANTAENG – Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali mengucurkan dana bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW, Jumat, 17 Desember 2021. Total ada Rp300 juta dana bantuan modal diserahkan kepada UKM di dusun yang tersebar di dua kecamatan di Bantaeng.

Dua kecamatan yang tersentuh bantuan modal itu adalah Kecamatan Sinoa dan Kecamatan Ulu Ere. Penerima bantuan modal usaha ini adalah Usaha Kecil Menengah yang telah melalui proses seleksi di tingkat dusun.

Baca Juga : Usman Marham Bantah Tudingan Jadi Cukong Pemilihan Rektor Unhas

“Program ini bertujuan untuk memberikan penguatan Usaha Kecil Menengah (UKM) di tingkat dusun dan RW,” kata Kepala Diskop UKM, Muhammad Tafsir.

Pemkab Bantaeng Beri Bantuan Modal UKM Dusun Rp300 Juta
Foto: Dok. Istimewa.

Pencairan di dua kecamatan ini adalah tahap pertama. Selanjutnya, di tahap kedua akan dicairkan kembali untuk beberapa kecamatan lainnya.

“Kecamatan lainnya akan kita cairkan dalam beberapa pekan ke depan,” kata dia.

Pencairan bantuan modal usaha ini dilakukan berkat kerja sama dengan Bank Sulselbar. Dalam kesempatan itu, pimpinan Bank Sulselbar Bantaeng, Dahlia Akma mengaku bantuan ini adalah bagian dari kepedulian Bank Sulselbar untuk penguatan UKM di Banteng.

Menurutnya, bantuan ini tidak sekadar dicairkan, Bank Sulselbar juga akan melakukan pendampingan hingga UKM tersebut bisa berhasil.

Pemkab Bantaeng Beri Bantuan Modal UKM Dusun Rp300 Juta
Foto: Dok. Istimewa.

“Kita akan pantau terus perkembangan UKM yang mendapat bantuan ini,” jelas dia.

Tidak hanya itu, Bank Sulselbar juga akan membuka ruang untuk pengembangan UKM melalui bantuan modal tambahan.

“Jika UKM nya sudah berkembang, terus mau ditingkatkan lagi kita siapkan bantuan kredit,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin meminta kepada semua penerima bantuan ini untuk menggunakan dana itu sebaik mungkin.