MOSKOW – Vaksin COVID-19 buatan Rusia, Sputnik V, diklaim efektif oleh Vladimir Putin mampu melawan virus Corona carian Omicron.

Baca Juga: Kasus Virus Omicron, Jokowi: Waspada Penting, Tapi Jangan Panik

Presiden Rusia tersebut juga menyebutkan jika Sputnik V buatan asli negaranya lebuh baik jika dibandingkan dengan jenis vaksin lainnya.

Perlu diketahui, Vaksin Sputnik V sendiri adalah salah satu dari total empat jenis vaksin produksi Rusia, dan telah mendapat persetujuan untuk penggunaannya.

Dilansir dari Reuters dan TASS News Agency, Sabtu (18/12/2021), Putin mengklaim hal tersebut ketika menghadiri rapat Pleno kongres Persatuan Pelaku Industri dan Pengusaha Rusia ke-30, Jumat (17/12/) waktu setempat.

“Tampaknya saat ini Sputnik V kita bekerja dengan baik dan mungkin bahkan lebih baik melawan Omicron dibandingkan vaksin-vaksin lainnya yang digunakan secara global,” klaim Putin.

Putih menambahkan, jika dalam beberapa hari ke depan, para pakar akan memberikan perkiraan akhir demi kemanjuran vaksin jenis Sputnik V terhadap varian Omicron.

Selain itu, Putin juga mengatakan jika Rusia siap memberikan pasokan vaksin Sputnik Light yang hanya membutuhkan satu dosis suntikan ke negara-negara lain agar digunakan sebagai booster.

Baca Juga: Kasus Omicron Meningkat, Total 90 Negara Termasuk Indonesia Telah Terpapar

“Bahkan kita bisa berbagi vaksin yang kita miliki dengan negara-negara lain, maksud saya sebagai suntikan booster, termasuk dengan negara-negara Eropa. Kita siap memberikan Sputnik Light ke negara-negara yang ingin menggunakannya untuk suntikan booster. Kita sudah memiliki jumlah yang cukup untuk dibagikan dengan negara-negara lainnya,” ungkap Putin.