MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) terus mendorong agar sektor pertanian di area wilayah pemberdayaan dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga: PT Vale Terapkan Pertanian Ramah Lingkungan di Blok Bahodopi

Salah satunya dengan mengedukasi petani dengan program unggulan pertanian ramah lingkungan yang dikenal dengan padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Blok Pomalaa.

SRI organik menjadi bagian penting dalam program PT Vale Indonesia Tbk, yakni Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkelanjutan (Sustainable).

Selama tujuh tahun terakhir, perseroan telah menjalankan padi SRI Organik di blok Sorowako.

Sebagai komitmen dan kepedulian PT Vale terhadap sektor pertanian, PT Vale terus mengembangkan program tersebut dan kini telah hadir di area pemberdayaan blok Pomalaa yang merupakan salah satu area konsesi Kontrak Karya.

Pelatihan dilaksanakan sejak 25 November hingga 2 Desember, yang diikuti sebanyak 50 petani.

Direktur Corporate Affairs and General Admins PT Vale Indonesia Tbk, Yusuf Suharso menjelaskan, Penerapan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) ini ditargetkan dapat membina dan mendampingi para petani lokal dalam menerapkan sistem pertanian, yang bebas dari unsur kimiawi sehingga menjadi ramah lingkungan dan sehat untuk dikonsumsi baik oleh petani maupun masyarakat.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi para petani lokal, karena hasil produk organik utamanya Beras Organik memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada beras biasa atau konvensional,” jelasnya.

Dia menyebutkan, ada empat desa di area pemberdayaan PT Vale sebagai area percontohan untuk pengembangan program ini, yakni Desa Puubunga, Desa Puuroda, Desa Puulemo, dan Desa Lamedai.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kolaka sangat mendukung dan mengapresiasi program Padi SRI Organik yang dilaksanakan oleh PT Vale Indonesia Tbk.