MAKASSAR – Bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada Rabu 22 Desember 2021, Partai Gelora Indonesia secara resmi akan mencanangkan Gerakan ‘GELORAKAN GEN 170’ di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Sementara untuk wilayah Sulawesi Selatan dipusatkan di Makassar.

Pencanangan akan dilakukan oleh Ketua Umum Indonesia Partai Gelora Indonesia, Anis Matta, dihadiri Sekretaris Jenderal Mahfuz Sidik, Bendahara Umum Ahmad Rilyadi, Kabangter II Ahmad Zairofi, Kabid Perempuan Ratih Sanggarwati.

Baca Juga : Danny Sepakat Kembangkan Dunia Pendidikan ITB Nobel Indonesia

Berdasarkan data BKKBN, setiap tahun 4,8 juta anak lahir di Indonesia. Tingginya angka kelahiran ini menempatkan Indonesia pada urutan keempat, setelah China, India dan Amerika Serikat. Tetapi kematian ibu juga masih cukup tinggi, yakni 305 per 100.000 penduduk dan angka kematian bayi sebesar 24 per 1.000 kelahiran hidup.

Sementara terkait masalah stunting di Indonesia, lanjut Ari Saptono, dipicu karena kekurangan gizi pada bayi di 1.000 hari pertama kehidupannya yang menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang bayi.

“Akibatnya, balita tumbuh lebih pendek dari standar tinggi balita seumurannya. Dampak lainnya adalah sistem imun rendah, anak mudah sakit, gangguan sistem pembakaran di dalam tubuhnya hingga penurunan fungsi kognitif,” ungkap Ketua Panitia Pencanangan Gen 170, Ari Saptono.

Gerakan ‘GELORAKAN GEN 170’ yang direncakan akan menjadi gerakan Partai Gelora secara nasional untuk mempersiapkan generasi unggul Indonesia menuju 5 besar dunia akan dilaksanakan secara nasional di 34 DPW Partai Gelora Indonesia, melalui media virtual.

“Nantinya Ketua Umum Partai Gelora akan menyapa menyapa wilayah terkait kesiapan untuk launching Gelorakan Gen 170. Ada 10 DPW yang akan disapa sebagai perwakilan,” ungkap Kabid Perempuan Gelora Sulsel, Yaumil.