LUWU UTARA – Upaya mengantisipasi penyebaran covid-19 varian Omicron, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meminta masyarakat agar tetap memakai masker.

Kasus COVID-19 varian Omicron kini sudah masuk ke Indonesia, tapi semua yang terdeteksi merupakan kasus imported case, yaitu kasus yang masuk berasal dari luar negeri.

Baca Juga : Antisipasi Omicron, Plt Gubernur Dorong Warga Vaksinasi

Belum ditemukan kasus transmisi lokal sehingga penanganannya bisa sedikit lebih mudah, yakni dengan memperketat pintu masuk ke Indonesia, dan melakukan tindakan karantina bagi yang terpapar varian Omicron.

Untuk mengantisipasi terjadinya transmisi lokal varian Omicron, semua daerah telah menyiapkan jurus antisipasi agar varian ini tidak menciptakan episentrum baru penyebaran COVID-19 termasuk Luwu Utara.

Bupati Indah Putri Indriani langsung melakukan langkah-langkah antisipatif dengan menggencarkan pelaksanaan vaksinasi serta tetap mengaktifkan posko penanganan COVID-19 di semua desa/kelurahan.

Antisipasi Omicron, Indah Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker
Foto: Dokumen Istimewa.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak melonggarkan protokol kesehatan (Prokes). Apalagi, kata dia, menjelang Natal dan Tahun Baru, potensi peningkatan kasus tetap terbuka jika warga lalai dalam penerapan prokes.

“Jangan pernah mengendorkan pemakaian masker jelang Natal dan Tahun Baru sebagaimana arahan bapak Presiden,” kata Indah saat memimpin Rakor Masalah Strategi Daerah (Mastrada) Penanganan COVID-19, Selasa (21/12/2021) di Ruang Command Center.

Indah mengingatkan, varian Omicron ini penyebarannya lima kali lebih cepat dari varian COVID-19 terdahulu.

“Varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. Varian baru ini penyebarannya lima kali lebih cepat dan ini perlu kita antisipasi,” tegas Indah.

Olehnya itu, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini meminta dukungan semua pihak, utamanya TNI-Polri, untuk segeran mengambil langkah-langkah pencegahan, utamanya dalam menyambut Nataru.