BUKU – Membaca buku Hukum Pidana akan sangat membantu bagi mahasiswa-mahasiswi hukum untuk tahu lebih banyak terkait masalah hukum pidana baik itu materil maupun formil atau delik-delik umum, khusus, dan asas-asas hukum. Apalagi buku-buku tersebut terbaru sesuai perkembangan zaman dan membantu mahasiswa yang menaruh konsentrasinya pada hukum pidana.

Baca Juga : 4 Fitur Baru WhatsApp yang Perlu Diketahui Bagi Pengguna

Namun, setiap mahasiswa tentu tidak ingin asal memilih buku. Pilihannya akan menyesuaikan dengan pemahaman atau kebutuhan mata kuliah, tugas akhir skripsi, atau bahkan masalah secara nyata dihadapi oleh mahasiswa hukum di lapangan.

Oleh karena itu, rekomendasi buku hukum pidana sedikit banyaknya membantu bagi setiap mahasiswa yang ingin mempelajari hukum pidana baik secara teoritis maupun praktis.

Berikut 10 Rekomendasi Buku Hukum Pidana Terbaik

1. Hukum Pidana Khusus Memahami Delik-Delik Diluar KUHP

Buku yang satu ini berisi tentang histori hukum pidana terkhusus delik diluar KUHP dan bagaimana pidana dalam lingkup hukum pidana khusus. Karya dari Dr. Ruslan Renggong, SH., MH. ini juga berisi rumusan delik diluar KUHP seperti UU Terorisme, UU Hak Cipta, UU Psikotropika.

2. Hukum Pidana Militer Kontemporer

Dr. Asep N. Mulyana membahas hukum pidana yang secara umum jarang digeluti oleh mahasiswa hukum, yakni militer.
Pembahasan buku yang menarik diberikan dengan tujuan agar pembaca dapat memahami hukum pidana militer dalam perkembangannya secara mendalam.
Berisi beberapa peraturan yang berkaitan dengan militer dan internasional. Oleh karena itu, buku ini begitu komprehensif.

3. Hukum Pidana Pajak Indonesia (Materil dan Formil)

Topik pembahasan buku ini adalah pajak dalam kerangka hukum pidana baik secara materil maupun formil. Karya Dr. Timbo ini dapat digunakan bagi mereka yang bergelut di dunia pajak.

4. Hukum Pidana Suatu Pengantar

Buku Hukum Pidana Suatu Pengantar merupakan karya dari seorang akademisi FH-UI, Topo Santoso. Para membaca diajak untuk mengenal hal-hal mendasar dari Hukum Pidana dengan penjelasan yang mudah untuk dipahami.

5. Dasa-Dasar Hukum Pidana

Zuleha, SH., MH. membuat sebuah buku yang berjudul Dasar-Dasar Hukum Pidana dan diterbitkan oleh Deepublish. Salah satu buku rekomendasi yang mudah untuk dipahami dengan penjelesan dan contoh kasus.

6. Hukum Pidana Anak

Dalam perkembangan hukum pidana, kedudukan anak menjadi perhatian lebih bagi para ahli hukum pidana termasuk praktisi yang bersentuhan langsung dengan masalah anak yang terkadang diluar dugaan melakukan sebuah kejahatan. Bagaimana kejahatan yang dilakukan seorang anak dapat terjadi dan bagaimana proses hukum bagi seorang anak? Buku ini kurang lebih memberikan pengetahuan tentang anak dalam perspektif hukum pidana bagi pembaca.

7. Pengantar Hukum Pidana

Untuk mengetahui salah satu cabang ilmu hukum, yakni hukum pidana tentu melalui sebuah tahap demi tahap ibarat seorang anak SD tentu akan bertahap untuk sampai ke jenjang SMA. Begitu juga dengan Hukum Pidana. Bagi mahasiswa hukum yang ingin mengetahui pengantar hukum pidana dapat membaca buku ini.

8. Hukum Pidana Internasional Dalam Dinamika Pengadilan Internasional

Kuliah Hukum Pidana tidak terbatas pada hukum yang berlaku di Indonesia saja, melainkan juga sampai antar negara. Buku Hukum Pidana Internasional ini memberikan pengertian dasar tentang hukum pidana khususnya dalam dinamika pengadilan internasional.

9. Hukum Pidana Materil

Buku ini ditulis oleh Tongat, SH., M.Hum yang bertujuan memberikan pemahaman secara spesifik terkait hukum pidana materil. Hal yang menarik dari buku ini adalah penjelasan hukum pidana dikaitkan dengan masalah harta kekayaan.

10. Hukum Pidana Adat

Buku yang berisi penjelesan tentang pilihan lain menyelesaikan masalah hukum pidana melalui adat dengan beberapa contoh kasus. Menarik dan mudah untuk dipahami untuk mengetahui hukum pidana secara adat.