GOWA – Ketua LSM Gempa Indonesia, Amiruddin, SH, Karaeng Tinggi, angkat bicara terkait dugaan adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merangkap jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa, tepatnya di Dusun Pajalau, Desa panakkukang, Kecamatan Pallangga.

Amiruddin mengatakan, kalau memang benar ada ASN yang rangkap jabatan, hal tersebut dianggap sangat mencederai sistem pemerintahan di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : LSM Latenritatta akan Polisikan Pelanggar Prokes di RSUD Bone

Yang mana Kabupaten Gowa ini adalah satu-satunya daerah yang telah mencetak perstasi luar biasa di dalam sistem tata kelola pemerintahan.

Dugaan ASN Rangkap Jabatan, Ketua LSM GEMPA Indonesia Angkat Bicara
Dugaan ASN Rangkap Jabatan, Ketua LSM GEMPA Indonesia Angkat Bicara. Foto: Ilustrasi

“Lihat saja mantan Bupati Gowa dua periode bisa menjadi Menteri, oleh karena itu Ketua Lsm Gempa indonesia meminta kepada Bupati Adnan Purichta Ichsan agar segera menindak lanjuti dan menegur oknum tersebut agar tidak menjadi perbincangan di masyarakat,” ungkap Amiruddin, (24/12/2021).

Serta memberikan pilihan satu diantaranya ingin tetap menjadi guru atau menjadi Kepala Dusun dan oknum tersebut harus mengembalikan uang negara alias gaji yang telah diterima selama ini.

Ketua LSM Gempa Indonesia menambahkan, kalau memang hal ini dibiarkan, maka pihaknya akan melaporkan ke aparat penegak hukum dan akan menyurat ke instansi terkait agar oknum tersebut dapat diproses.

Karena menurutnya, dianggap telah melanggar UU Nomor 11 Tahun 2017 yang mana dijelaskan di dalam pasal 64, 94, dan pasal 144 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil, antara lain dinyatakan didalamnya PNS yang terangkat menjadi perangkat desa akan diberhentikan dari jabatan administrasinya dan jabatan fungsional.

“Kepala Desa Panakkukang, kecamatan Pallangga, kabupaten Gowa terkait hal ini seakan-akan menutup-nutupi oknum kepala dusunnya karena sudah lama sekali menjabat sebagai pimpinan pemerintahan di Pajalau itu dan Kades tersebut mengetahui Kades ini adalah seorang PNS yang masih aktif sebagai Guru di salah satu sekolah ternama di Kabupaten gowa,” tegas Amiruddin.