GOWA – SD Negeri Pao-Pao Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa ditetapkan sebagai salah satu sekolah Adiwiyata Nasional 2021.

Prosesi pemberian Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional dilakukan secara virtual dari Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat (24/12).

Baca Juga : Deretan Prestasi Nayla, Alumnus SD Islam Athirah 2 Makassar

Penyerahan penghargaan diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, kepada perwakilan SD, SMP, dan SMA peraih Adiwiyata Nasional.

Untuk SD diwakili oleh SDN Sukabumi Barat 1, Jakarta, tingkat SMP diwakili oleh SMPN 1 Sanankulon, Blitar, Jatim, sedangkan tingkat SMA diwakili SMAN 1 Lembang, Jabar.

Penghargaan untuk kategori Adiwiyata Mandiri juga dilakukan di tempat yang sama.

Kepala sekolah SD Negri Pao-Pao, Dra Hj Salmah Hakim, M. Si, dibawah naungan Korwil bidang Pendidikan kecamatan Somba Opu, sekaligus Pegiat Adiwiyata kabupaten Gowa, H. Muh.Yaris P, S.Pd, M.Si, mengikuti kegiatan penganugerahan Adiwiyata itu secara daring, disiarkan live melalui cannel YouTube Kementerian LHK.

Bu Salmah, begitu dia akrab disapa, mengikuti kegiatan tersebut dengan beberapa tim Adiwiyata SD Negeri Pao-Pao Kabid DLH, dan Kasi DLH, di ruang kelas,

Siti Nurbaya, dalam sambutannya mengemukakan, pemberian penghargaan Adiwiyata tahun ini sudah memasuki tahun ke-16 kali. Kegiatan ini untuk menjawab tantangan model edukasi literasi lingkungan sejak dini. Disampaikan, perluasan kesadaran lingkungan hidup dapat dilakukan melalui pendidikan, terutama di sekolah.

Dari proses yang dilakukan, terlihat sudah ada perubahan bertahap yang polanya akan terus berkembang sesuai dengan aspirasi, gaya hidup dan konteks perkembangan zaman.

Dari data di Kementerian, sejauh ini sudah terdapat 4.762 sekolah di 34 provinsi yang mampu meraih Adiwiyata, mulai dari skala Kota, Provinsi, Nasional hingga Mandiri.