JAKARTA – 5 Pengaturan Android ini perlu diketahui, apa pun ponsel android anda.

Perangkat android dilengkapi serangkaian pengaturan yang telah ditentukan, mencakup kecerahan, mode cahaya, atau hemat baterai.

Baca Juga : 2 Tips Berkendara Roda Dua Membawa Barang

Pengguna perlu mengetahui pengaturan ini dan dapat mengubahnya sesuai kebutuhan ponsel androidnya, seperti masa pakai baterai, menemukan hp yang hilang, dsb.

Berikut 5 Pengaturan Android yang perlu anda ketahui….

1. Atur tingkat kecerahan ke bawah 50%

Pengaturan ini membantu anda menghemat baterai karena semakin terang layar anda, semakin banyak daya baterai yang digunakan.

Caranya, anda dapat menarik ke bawah menu pintasan dari atas layar dan sesuaikan kecerahan.

2. Gunakan baterai adaptif

Pengaturan kedua ini dapat anda lakukan untuk mengetahui seberapa cepat baterai ponsel mengisi daya dalam sehari.

Buka pengaturan dan mencari bagian baterai.

3. Mode gelap

Masih terkait cara menghemat baterai. Ketiga, anda dapat menggunakan mode gelap.

Menurut Google dikutip dari cnet.com, mode gelap tidak hanya mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh tampilan smartphone pada mata, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai karena membutuhkan lebih sedikit daya untuk menampilkan latar belakang gelap pada layar OLED.

5 Pengaturan Android Perlu Anda Ketahui
Mode Gelap. Foto: Dok. Istimewa.

Untuk mengaktifkannya, anda dapat membuka pengaturan dan mencari mode gelap, tema gelap atau mode malam (istilah samsung).

4. Atur Home Screen atau tampilan utama

Keempat, sebagian pengguna ponsel android menginginkan banyak aplikasi, namun terdapat cara agar tampilan utama atau home screen ponsel tetap rapi.

Caranya, tekan lama pada area kosong di layar beranda anda dan ketuk pengaturan. Temukan opsi berlabel, tambahkan ikon ke layar beranda atau tambahkan aplikasi baru ke layar beranda dan matikan.