BANTAENG – Pemerintah Kabupaten Bantaeng resmi membuka layanan untuk RSUD Bayorang di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Selasa (28/12/2021). Rumah sakit ini menjadi rumah sakit type D berlayanan canggih.

Baca Juga : Direktur RSUD Cendrawasih Dobo Maluku Respon Cepat Hasil Perhitungan Unit Cost

Kepala RSUD Banyorang, Ulil Amri mengatakan, rumah sakit ini dilengkapi dengan sistem layanan berbasis aplikasi. Berkat sistem ini, pasien bisa mendapatkan pelayanan maksimal.

Mereka bisa mengambil nomor antrian secara online dari rumah. Selain itu, juga dapat memantau kamar pelayanan yang kosong hingga mengatur jadwal untuk konsultasi dengan dokter spesialis.

“Semuanya terintegrasi melalui telepon selular. Pasien tidak perlu lagi mengantri di rumah sakit,” jelas dia.

RSUD Banyorang ini juga dilengkapi dengan tiga ambulance. Selain itu, ada pula ruang UGD, ICU dan labolatorium, gudang farmasi dan poli ibu dan anak.

“Per Januari nanti, kita akan membuka spesialis kebidanan dan kandungan,” tambah Ulil.

Pembukaan layanan ini juga dikaitkan dengan penandatanganan kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja.

Kepala BPJS Kesehatan divisi regional IX/Kantor Cabang Bulukumba, Andi Rismaniswati mengatakan, kerja sama itu terkait dengan beberapa hal. Termasuk layanan berbasis aplikasi yang telah diterapkan oleh RSUD Banyorang.

“Kami ingin memastikan layanan di rumah sakit ini berjalan dengan baik. Layanan ini sangat korelasi dengan kami,” katanya.

Dia memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Bantaeng yang telah membuka RSUD di Banyorang. Menurutnya, keberadaan BPJS tidak hanya berkaitan dengan pelayanan, melainkan akses untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Akses maksud kami adalah siapa saja dapat berobat di rumah sakit ini. Buka tidak mungkin, orang Bulukumba yang lebih dekat aksesnya ke RS ini akan memilih berobat di RS ini,” ujarnya.