Wabup Diduga Dibalik Interpelasi DPRD Takalar

  • Whatsapp

RAKYAT NEWS, TAKALAR – Wakil Bupati Takalar Achmad Se’re diduga berada di balik interpelasi yang dilayangkan DPRD Takalar terhadap Bupati Syamsari Kitta.

Apalagi, tiga legislator Nasdem di DPRD Takalar nampak kompak mendukung pengajuan interpelasi. Bahkan, putra Achmad Se’re, Fadel Achmad tercatat sebagai penggagas hak interpelasi yang diajukan menjelang pembahasan APBD- Perubahan 2020 itu.

Bacaan Lainnya

Padahal, Achmad Se’re yang juga menjabat Ketua DPD Nasdem Takalar bisa saja menahan tiga anggotanya untuk menolak pengajuan hak istimewa DPRD itu. Namun, itu tak dilakukan, malahan mantan anggota DPR RI itu diduga kuat menjadi aktor utama dalam menggoyang kursi Bupati Takalar itu.

Berulang kali Achmad Se’re dihubungi terkait alasan Nasdem yang mendukung interpelasi, tetapi mantan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu memilih bungkam.

Pengamat politik Unhas Sukri Tamma mengatakan, interpelasi adalah hak DPRD untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Interpelasi itu hak dewan, saya kira tidak ada masalah dan itu dinamika biasa jika ada persoalan yang dianggap urgen oleh dewan,” kata Sukri, Jumat 25 September 2020.

Terkait peran Wabup Takalar dalam pengajuan interpelasi, Sukri mengatakan, Achmad Se’re itu Ketua Nasdem Takalar. Sikap anggota fraksinya di DPRD tentu mendapatkan restu dari Achmad Se’re sebagai ketua partai.

“Fraksi itu perpanjangan tangan partai, jadi jika legislator Nasdem di DPRD Takalar mendukung, maka sudah tentu ketua partainya merestui, secara garis lurus begitu,” terangnya.

Pos terkait