TAKALAR – Lelong atau biasa disebut dengan pasar adalah salah satu pasar yang beroperasi yang berada di Desa TopeJawa, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Tempat tersebut berdiri dipesisir Pantai Lamangkia, dengan tatakan yang tidak terlalu besar namun mampu menghidupi masyarakat disana, bahkan penjual ikan keliling biasanya membeli ikan di lelong tersebut dan dipasarkan kembali di masyarakat.

Baca Juga: Keindahan Pasir Putih Kawasan Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Tak hanya ikan dari nelayan Desa Topejawa, tetapi tangkapan hasil laut nelayan dari pulau lain pun dipasarkan di lelong tersebut.

“Itukan lelong tapi tidak ada orang luar yang bawa masuk cuman ikan yang dari pulau dijual disana di tempat pelelangan, terus orang luar datang langsung membeli,” ujar Nurhayati salah satu warga Dusun Lamangkia.

Walaupun seperti itu, Nurhayati yang kerap disapa Dg Jia menyambung bahwa tidak semua hasil tangkapan ikan dijual secara keseluruhan.

Baca Juga: Keindahan Wisata Alam Bulopadido di Bulukumba Sulawesi Selatan

“Itupun satu kali tangkapan disimpan untuk satu hari makan saja, selebihnya dijual,” Katanya saat diwawancarai dikediamannya (29/12/2021).

Penulis: Rifkatul azizah