MAKASSAR – Membaca buku sejarah bagi sebagian orang merupakan kebiasaan yang menyenangkan dengan mempelajari peristiwa penting masa lalu. Terlebih lagi bagi kutu buku yang hampir setiap harinya meluangkan waktu membaca buku.

Baca Juga : 5 Jurusan Sepi Peminat Calon Mahasiswa

Dalam hal memilih bacaan buku sejarah, tiga buku menarik ini perlu anda baca.

1. Sejarah Dunia Dari Puncak Bagdad

Buku pertama yang menarik untuk anda baca adalah karya dari Tamim Ansary berjudul “Sejarah Dunia Dari Puncak Bagdad”.

Tamim Ansary dengan pemahaman dan pengalamannya menghadirkan buku sejarah dunia ini sebagai alternatif melihat dunia yang selama ini dianggap oleh sebagian orang dimulai dari barat.

3 Buku Sejarah Menarik Anda Baca
Tamim Ansary. Foto: PublicAffairs.

Bagi Tamim Ansary, buku sejarah dunia yang selama ini menjadi konsumsi publik kebanyakan menggambarkan dunia seolah-olah milik barat dan Islam hanya bagian terkecil dari sejarah tersebut.

Buku ini dihadirkan sebagai jawaban bahwa Islam selalu ada dengan perannya dalam setiap zaman bahkan sebagai penentu kemajuan peradaban.

2. Sirah Nabawiyah

Buku Best Seller “Sirah Nabawiyah” karya Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfury selalu menjadi rujukan utama bagi setiap orang yang ingin mengenal Rasulullah.

Sirah Nabawiyah adalah sebuah sejarah perjalanan hidup Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam saat sebelum dan setelah menjadi rasul serta wafatnya.

Karya ini bahkan direkomendasikan oleh salah satu tokoh berpengaruh dunia, dr Zakir Naik bagi mereka yang ingin mengenal kisah hidup Nabi Muhammad.

3. Sejarah Filsafat Barat

Buku “Sejarah filsafat Barat: dan kaitannya dengan kondisi-sosio-politik dari zaman kuno hingga sekarang” ini merupakan karya dari Bertrand Russel yang belakangan ini banyak dibaca kalangan akademisi maupun mahasiswa.