SRI LANKA – Seorang Menteri Kesehatan Sri Lanka, Pavithra Wanniarachchi dicopot dari jabatannya oleh Presiden, Gotabaya Rajapaksa setelah mempromosikan ramuan ajaib sebagai obat covid-19 dari penyihir pada hari senin, 16 Agustus 2021.

Baca Juga : HUT RI ke-76, Iwan Fals Rilis Lagu Merah Putih

Awal mula ramuan ajaib obat covid-19 itu dibuat oleh Dhammika Bandara yang mengklaim telah mendapatkan petunjuk dari Dewi Hindu Kali, Dewi Kematian dan Kehancuran. Pavitra telah mempromisikan juga mendukung agar setiap orang menggunakan resep yang terbuat menggunakan pala dan madu ini supaya dapat sembuh.

Namun, perempuan yang mendukung secara terang-terangan ramuan ini justru terpapar covid-19 dan harus dirawat secara intensif.

Pavitrha tidak sendiri dalam mendukung ramuan ajaib obat covid-19. Menteri Pengembangan Perempuan dan Anak, Piyal Nishanta de Silva dan beberapa praktisi juga ikut mendukung penggunaannya.

“Media pro-pemerintah mempromosikan ramuan Bandara, dan beberapa politisi difoto meminum sirup, termasuk Wanniarachchi dan Menteri Pengembangan Perempuan dan Anak Piyal Nishantha de Silva. Baik Wanniarachchi dan Nishantha de Silva kemudian tertular COVID,” dikutip dari insider.com, Rabu, (18/08/2021).

Sri Lanka sedang mengalami peningkatan angka kasus covid-19 dan berusaha menekan penyebaran melalui pelarangan pertemuan publik secara ketat.