BANDUNG – Masyarakat tanah air belakangan ini dihebohkan dengan gambar berupa foto maupun lukisan Non-Fungible Token (NFT) yang laku hingga puluhan juta rupiah.

Setelah sebelumnya Ghozali sempat viral karena telah menjual foto-foto selfie dirinya selama kurang lebih 5 tahun di OpenSea hingga menghasilkan pundi uang hingga belasan milliar, kini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tak ingin ketinggalan.

Baca Juga: Viral Video Belatung di Vagina, Ini Kata dr Boyke!

Pria berusia 50 tahun tersebut memiliki karya yang tegolong cukup unik dengan nama ‘Pandemic Self Potrait’ dan menjualnya dalam marketplace NFT.

Alhasil, karya pria yang kerap disapa Kang Emil tersebut dibeli oleh crazy rich asal Bangka, Lanang Cikal Narendra. Pria berusia 22 tahun itu memposting lukisan Ridwan Kamil itu ke dalam instastory miliknya.

Apabila dilihat dari laman opensea.io, lukisan dari galeri NFT Ridwan_Kamil_Collection tersebut terjual dengan harga 1 Ethereum (ETH). Perlu diketahui, bahwa 1 ETH yakni senilai $3,213.42 atau setara dengan Rp. 45,5 juta.

Tidak hanya ‘Pandemic Self Potrait’, Kang Emil juga memasang lukisan hasil karya anak perempuannya, Zahra, yang diberi judul Famous Girl yang menurutnya menggambarkan situasi perempuan saat ini.

“This painting was made by my daughter which describes the women’s situation nowadays (lukisan ini dibuat oleh anak perempuan saya yang menggambarkan situasi perempuan saat ini,” tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Rencananya, Kang Emil akan menampung serta memfasilitasi para pelaku seniman dan ekonomi kreatif agar menjual karyanya lewat platform Non-Fungible Token atau NFT yang disediakan pemerintah.

“Kepentingan saya, ini cara baru, cuma orang merasa rumit. Maka saya akan buat cara membuat akun di bursanya dan dikoordinir saja oleh kita. Jadi bisa titip ke kita, enggak usah register lagi dan bayar lagi. Kita ibaratnya menyediakan wadah,” ujar Kang Emil dilansir dari detik.com.