MAKASSAR – Rencana pembangunan Jembatan layang Japparate yang akan menyambungkan Benteng Rotterdam hingga Mal Phinisi Point (PIPO) akan segera dibangun Pemerintah kota Makassar melalui Dinas PU Makassar, Jumat (14/01/2022).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir menjelaskan, konsep jembatan Japparate ini mengikuti dan kelayakannya seperti jembatan Cihampelas yang ada di Bandung.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Resmikan Jembatan Sungai Walu-Walu

Pemkot Makassar akan mendesain lebih bagus dan canggih lagi dari pada yang ada di Bandung, serta bangunannya beton seperti tol layang Pettarani.

“Pemkot Makassar akan mendesain lebih bagus dan canggih lagi dari pada yang ada di Bandung , tapi lebih bagus lagi bangunannya beton kayak tol layang di Pettarani,” ucapnya.

Jembatan layang ini nantinya akan menjadi fasilitas publik. Salah satu jalur pedestrian persembahan Pemkot Makassar.

Selain untuk pejalan kaki, warga juga bisa berolahraga di tempat tersebut, seperti jogging dan bersepeda.

Nantinya dari sisi ekonomi akan ada pedagang-pedagang yang akan berjualan di area tersebut, ada juga destinasi kuliner supaya tercipta pusat ekonomi baru.

“Dari sisi ekonominya akan ada pedagang-pedagang yang berjualan di area tersebut, Ada juga destinasi kuliner, supaya tercipta pusat ekonomi baru,” pungkasnya.

Tempat ini diharapkan menjadi serbuan para wisatawan lokal dan mancanegara nantinya karena pengunjung bisa langsung menikmati indahnya panorama pesisir Makassar dan juga melihat senja saat sore hari.

Adapun anggaran yang disiapkan, yakni Rp20 miliar untuk tahap pertama pada tahun 2022.

“Saat ini tahapan pembangunan japparate masih tahap penyempurnaan perencanaan atau Detail Engineering Design (DED). Target, Januari ini perencanannya sudah bisa masuk dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), lalu ditarget tender pada Februari mendatang,” pungkasnya.

Baca Juga : Sempat Rusak Akibat Banjir Bandang, Jembatan Gantung Maipi Kembali Fungsional

Pilihan Video