MAKASSAR – Setelah menonton video ‘belatung’ viral yang tersebar di media sosial Twitter dan TikTok, tidak sedikit netizen mengaku jijik, mual hingga mengalami trauma.

Baca Juga : Fakta! Kasus ‘Belatung’ Pernah Terjadi Tahun 2016

Banyak netizen syok bahkan terus menerus mengalami gejala mual berkepanjangan karena teringat cuplikan video tersebut.

Menurut dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, meluruskan, belatung hidup dengan mengonsumsi jaringan mati atau bangkai sehingga tidak mungkin ada dalam vagina.

“Belatung itu nggak mungkin kecuali pada orang yang mati. Itu akal-akalan saja untuk shock factor,” katanya, Sabtu (15/1/2022).

Kasus ini tak mungkin hidup di jaringan yang sehat. Lebih mungkin adalah cacing kremi, walaupun kasusnya juga terbilang jarang.

Walaupun jarang terjadi, ada baiknya untuk tetap mencegah hal tersebut. Berikut 4 tips mencegah infeksi cacing kremi, dilansir dari Mayo Clinic, Minggu (16/1/2022).

1. Membersihkan Diri Pagi Hari

Informasi bermanfaat, Cacing kremi berkembang biak atau bertelur di malam hari. Sekali bertelur, dapat mengeluarkan telur yang sangat banyak, bahkan ribuan kali lipat.

Oleh karena itu, rajin membersihkan diri menjadi salah satu tips terbaik untuk menghindari infeksi cacing kremi.

2. Ganti Pakaian dalam dan Seprai

Selain rajin mandi pagi, mengganti pakaian dalam dan seprai setiap hari menjadi salah satu anjuran.

Cara ini berguna untuk menghilangkan telur cacing kremi yang menempel di pakaian dalam dan seprai.

3. Gunakan Air Panas untuk Mencuci

Menggunakan air panas untuk mencuci seprai, pakaian, handuk, dan lain-lain mampu membunuh telur-telur cacing kremi yang menempel.

4. Jangan Menggaruk

Jangan memegang atau menggaruk organ intim. Usahakan selalu cuci tangan dan pototng kuku untuk mengurangi penumpukkan telur cacing kremi di tangan.

Baca Juga : Netizen Jijik Nonton Video Belatung, Ini Tanggapan Dr Wisnu